1. Sistem Kalender

Menghitung masa subur dapat kamu lakukan dengan menggunakan sistem kalender berdasarkan siklus menstruasi. Tapi, dengan catatan siklus menstruasimu selama ini teratur dan tidak terlewatkan satu atau dua bulan. Menghitung dengan menggunakan sistem kalender cukup mudah dilakukan yaitu masa subur umumnya berada pada hari ke 11 atau ke 14 usai menstruasi. 

Jadi misalnya kamu menstruasi di tanggal 1, maka masa suburmu akan terjadi pada 14 hari berikutnya, yaitu sekitar tanggal 11-17 ataupun 12-18. Jadi, kamu sangat disarankan untuk berhubungan intim dengan suami di rentang tanggal tersebut agar bisa cepat mendapatkan anak. Hanya saja, tak perlu berhubungan intim berlebihan pada masa subur, karena sperma membutuhkan waktu untuk pematangan di masa-masa ini, Moms!
 

source: http://www.totuldespremame.ro


Cara Mengetahui Masa Subur Jika Menstruasi Tidak Teratur

Hmm, menghitung masa subur saat siklus haid tidak teratur cukup rumit dilakukan dan khawatir hasilnya tidak tepat. Tapi, kamu bisa tetap mencobanya, kok. Caranya adalah, pertama-tama kamu harus merekam rentang waktu siklus haidmu selama 6 kali berturut turut. Misalnya selama 6 bulan berturut-turut, siklus haidmu selama 28 hari, 31 hari, 26 hari, 27 hari, 29 hari dan 31 hari. Maka begini cara menentukan masa suburmu: 

- Masa siklus haid terpendek, dari contoh di atas adalah 26 hari kurangi dengan 18. Hasilnya adalah 6. Angka ini adalah hari pertama di mana kamu sedang dalam masa subur. 

- Masa siklus haid terpanjang, dari contoh di atas adalah 31 hari. Masa kurangi dengan 11. Hasilnya 20. Angka ini adalah hari terakhir di mana kamu sedang dalam masa subur. 

 

baca juga

2. Memeriksa Cairan Serviks

Meski mudah, tapi menghitung masa subur lewat sistem kalender kemungkinan tidak memberikan hasil akurat, karena kebanyak perempuan memiliki siklus haid yang tidak teratur. Cara selanjutnya mengetahui masa subur adalah dengan memeriksa cairan serviks yang seperti keputihan, Kalau cairannya berwarna bening seperti putih telur, dan bisa membentang sekitar 6 cm tanpa putus, maka kemungkinan kamu sedang dalam masa subur. 

 

source: https://www.cbsnews.com


 

3. Alat Tes Kesuburan

Berkat teknologi yang semakin canggih, sekarang sudah tersedia alat tes kesuburan yang bisa kamu dapatkan di apotik, Moms. Penggunaan alat ini diyakini hasilnya lebih akurat dibanding dengan mengandalkan sistem kalender. Pemakaiannya hampir serupa dengan  alat uji kehamilan test pack. Bagi yang ingin lebih meyakinkan diri mengenai waktu-waktu masa suburnya, kamu disarankan banget memiliki alat ini. 
 

source: http://saudibeautyblog.com