1) Refleks Mengisap (Rooting Reflex)

Coba deh sentuh bagian pipi bayi dengan menggunakan jarimu, maka secara otomatis ia akan menoleh ke arah sentuhan, lalu membuka mulutnya seolah melakukan gerakan mengisap. Gerakan bayi yang secara refleks mengisap ini akan membantu ibu saat menyusuinya. Dekatkan puting payudara pada mulut bayi, dan ia akan mengisap ASI yang keluar. 
 

source: http://www.parenting.com


 

baca juga

2) Refleks Kaget (Moro Reflex)

Penasaran bagaimana bayi melakukan refleks moro, Moms? Coba kamu mengangkat bayi dengan tanganmu menopang tubuhnya, dan jari-jarimu memegang bagian leher dari belakang. Kemudian turunkan bagian punggungnya secara perlahan. Maka coba lihat reaksi bayi. Badannya akan sedikit tersentak karena terkejut, dan kemungkinan disertai dengan tangisan. 
 
source: https://www.mindmoves.co.za


 

3) Refleks Melangkah (Walking/Stepping Reflex)

Pernah viral sebuah video memperlihat bayi baru lahir bisa melangkah. Sebenarnya setiap bayi memiliki refleks melangkah sejak mereka lahir. Untuk melihatnya sendiri, kamu bisa memegang bayi dengan posisi bayi berdiri dan kakinya berayun. Lalu perlahan tapakkan pada permukaan rata seperti kasur atau lantai. Maka bayi akan melakukan gerakan seperti melangkah. Tapi ini bukan berarti bayi benar-benar sudah bisa berjalan lho, Moms. Bayi membutuhkan waktu setidaknya kurang lebih satu tahun agar benar-benar bisa menapakkan kaki dengan kuat pada lantai. 
 

source: http://angohealth.com


 

baca juga

4) Refleks Menggengam (Grasp Reflex)

Coba letakkan satu jarimu di telapak tangan bayi. Maka ia akan bereaksi meraih jari dan menggengamnya dengan erat, sehingga kamu harus membuka genggamannya jari-jari kecilnya agar jarimu bisa lepas. Hal sama juga terjadi pada kakinya. Elus perlahan telapak kakinya, maka ia akan merapatkan jari-jarinya. 
 
source: http://www.npr.org


 

5) Refleks Leher (Tonic Neck Refleks)

Saat bayi berbaring, maka coba putar kepalanya ke arah kanan. Saat kamu merubah posisi kepalanya, maka secara refleks bayi akan mendorong tangan kanannya ke depan, dan mengangkat lengan lainnya ke atas kepala. Belum diketahui secara pasti kenapa bayi melakukan ini, namun kemungkinan ia sedang meregangkan tubuhnya. 
 

source: https://id.pinterest.com


 

6) Righting Reflex

Untuk melihat refleks ini dilakukan bayi, cobalah tutupi wajahnya dengan selimut, maka bayi akan bereaksi dengan mengelengkan kepalanya ke satu sisi ke sisi lainnya. Lalu, akan menggerak-gerakkan tangannya hingga selimut lepas dari kepalanya. Ini adalah gerak refleks yang dilakukannya untuk melindungi dirinya dari ketidaknyamanan yang dirasakan.

source: http://www.parenting.com/


 

7) Menjulurkan Lidah (Tongue-Thrust Reflex)

Sentuh bagian ujung lidah bayi dengan jari yang bersih atau sendok, maka otomatis ia akan menjulurkan lidah, untuk mendorong jari atau sendok keluar. Gerak refleks ini dilakukan bayi untuk mencegahnya tersedak benda asing yang masuk ke dalam mulutnya. 
 

source: https://www.emaze.com


 

8) Refleks Menarik (Withdrawal Reflex)

Saa bayi sedang berada di kursi goyang, dan kamu mendekatkan wajahmu ke wajahnya, maka bayi akan refleks menoleh ke arah lain demi menghindari wajah kalian saling bersentuhan. Ini merupakan cara bayi untuk melindungi dirinya dari tabrakan. Sama halnya apabila sesuatu benda mengarah ke wajahnya, maka ia akan segera mengalihkan kepalanya.
 

source: http://www.parenting.com