1. Berjalan dan Olahraga Teratur

Olahraga merupakan salah satu cara terbaik yang dapat Mommy lakukan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dilansir dari Medical News Today, olahraga teratur dapat membantu membuat jantung lebih kuat dan efisien dalam memompa darah. Dengan kata lain, ini dapat menurunkan tekanan pada arteri. Penelitian menunjukkan bahwa, 150 menit olahraga sedang, seperti berjalan, atau 75 menit olahraga berat, seperti berlari, per minggu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Yuk Aktif Bergerak, Moms!
source: https://blog.daraz.com.bd/

2. Kurangi Asupan Sodium

Percaya atau tidak, asupan garam di seluruh dunia ternyata sangatlah tinggi. Sebagian besar, ini karena makanan olahan dan siap saji selalu menjadi andalan banyak orang. Dalam banyak penelitian, garam terbukti memiliki kaitanyang erat dengan tekanan darah tinggi dan kasus serangan jantung dan stroke. Jika Mommy memiliki masalah dengan tekanan darah, cobalah untuk melihat apakah mengurangi asupan garam dalam menciptakan perbedaan. Gantilah makanan olahan dengan makanan segar dan coba bumbui dengan bumbu dan rempah, bukan garam.

5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Yuk Aktif Bergerak, Moms!
source: https://www.eatright.org/
baca juga

3. Konsumsi Makanan Kaya Kalium

Kalium adalah mineral penting yang harus dipenuhi untuk meminimalisir dampak buruk dari asupan garam dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Untuk mendapatkan keseimbangan dari asupan garam yang tinggi, menambah asupan kalium lebih banyak dalam pola makanmu. Beberapa rekomendasi makanan kaya kalium antara lain, sayuran berdaun hijau, tomat, pisang, tuna, salmon, dan kacang-kacangan.

5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Yuk Aktif Bergerak, Moms!
source: https://positiveroutines.com/

4. Kendalikan Stress

Stres adalah pendorong utama serangan untuk tekanan darah tinggi. Saat Mommy mengalami stres yang parah, tubuh mungkin akan mengalami detak jantung lebih cepat dengan pembuluh darah yang menyempit. Apalagi mengingat pikiran yang berat kerap mengarah pada gaya hidup yang buruk seperti minum alkohol atau makan makanan yang tidak sehat. Ini tentu dapat secara negatif mempengaruhi tekanan darah.

5 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Yuk Aktif Bergerak, Moms!
source: https://procaffenation.com/
baca juga

5. Konsumsi Dark Chocolate

Dark chocolate dan bubuk coklat kaya akan flavonoid, senyawa tanaman yang dapat memperlebar pembuluh darah. Sebuah penelitian menemukan bahwa asupan kakao yang kaya flavonoid dapat meningkatkan beberapa tanda kesehatan jantung dalam jangka pendek, termasuk menurunkan tekanan darah. Namun, pastikan bahwa cokelat yang Mommy konsumsi tidak mengandung gula, ya!