Ketergantungan Handphone

Dilansir dari Healthline, Pew Research Center melaporkan bahwa 81 persen orang Amerika saat ini memiliki smartphone. Jumlah ini  naik dari sebelumnya yang hanya 35 persen pada tahun 2011. Tidak hanya itu, selama 5 tahun terakhir, Google Trends menampilkan data bahwa perilaku "kecanduan ponsel" juga meningkat seiring dengan berjalannya waktu. Dalam hal ini, terdapat beberapa istilah psikologis yang menggambarkan perilaku penggunaan handphone, seperti:

  • nomophobia: takut pergi tanpa membawa handphone
  • textaphrenia: takut tidak bisa mengirim dan menerima pesan menggunakan handphone
  • phantom vibration: perasaan adanya getaran handphone, padahal sebenarnya tidak ada 
Waspadai Bahaya Ketergantungan Handphone! Ini Cara Tepat Mengatasinya
source: https://www.lifealth.com/

Meskipun ada beberapa perdebatan dalam komunitas medis tentang apakah penggunaan ponsel yang berlebihan merupakan masalah kecanduan atau sekedar bagian dari gejala impuls kontrol, perlu dicatat bahwa ada beberapa kesamaan penting antara penggunaan ponsel yang berlebihan dengan perilaku kecanduan seperti kasus perjudian kompulsif. Beberapa diantaranya adalah:

  • kehilangan kendali atas perilaku penggunaan handphone
  • kesulitan membatasi penggunaan handphone
  • perasaan cemas saat tidak ada handphone
Waspadai Bahaya Ketergantungan Handphone! Ini Cara Tepat Mengatasinya
source: https://www.forbes.com/
baca juga


Bahaya Ketergantungan Handphone

Meskipun masih ada perdebatan, para ahli sepakat bahwa remaja lebih cenderung menunjukkan gejala seperti kecanduan dengan penggunaan ponsel mereka dibandingkan dengan kelompok umur lainnya. Beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa penggunaan handphone akan mencapai puncaknya di masa remaja dan secara bertahap menurun setelah itu berlalu.

Namun, pahami bahwa penggunaan handphone yang berlebihan di kalangan remaja sangat umum khususnya jika mereka cenderung selalu menggunakan handphone-nya saat bangun di pagi hari, siang dan malam hari. Semakin muda seorang anak mendapatkan paparan handphone, semakin besar kemungkinan mereka untuk mengembangkan pola penggunaan yang bermasalah.

Waspadai Bahaya Ketergantungan Handphone! Ini Cara Tepat Mengatasinya
source: https://knowledge.wharton.upenn.edu/


Langkah Mengatasi Kecanduan Handphone

Jika Mommy merasakan adanya gejala kecanduan handphone yang mengganggu, ada beberapa langkah sederhana untuk mengatasinya, seperti:

  1. Hapus aplikasi yang menghabiskan waktu dari handphone-mu dan akses melalui perangkat lain yang lebih sulit diakses seperti laptop atau PC.
  2. Ubah pengaturan notifikasi. Aktifkan notifikasi di waktu-waktu tertentu.
  3. Upayakan untuk menjauhkan handphone dari tempat tidur sehingga mengurangi kebiasaan bermain handphone sebelum tidur dan saat bangun tidur.
  4. Selalu isi baterai handphone di tempat yang berjauhan dari tempat tidur untuk mengurangi akses bermain handphone sambil mengisi baterai.
  5. Perbanyak aktivitas fisik dan interaksi sosial untuk mengimbangi kehidupan di dunia maya.
Waspadai Bahaya Ketergantungan Handphone! Ini Cara Tepat Mengatasinya
source: http://mentalfloss.com/

Itulah beberapa hal penting yang dapat Mommy lakukan untuk menghindari kecenderungan atas ketergantungan handphone. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!