Dilansir dari Healthline, ada beberapa metode yang bisa diterapkan untuk membuat seseorang tertidur lebih cepat. Cobalah untuk melakukan beberapa metode berikut ini untuk membuat tidur menjadi lebih efektif dan cepat.

Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini Agar Dapat Tertidur Lebih Cepat
source: https://www.healthline.com/

1. Metode Militer

  1. Relaksasi seluruh wajah, termasuk otot-otot di area sekitar mulut.
  2. Jatuhkan bahu ke belakang untuk melepaskan ketegangan dan biarkan tangan diletakan rileks ke sisi tubuh.
  3. Ambil nafas dalam dan panjang untuk menenangkan pernafasan.
  4. Relakskan kaki, paha, dan betis dengan melakukan peregangan.
  5. Jernihkan pikiran selama 10 detik dengan membayangkan suasana menenangkan dan santai.
  6. Jika ini masih belum berhasil, coba ucapkan kata-kata "jangan berpikir" berulang-ulang selama 10 detik.
  7. Setelah itu, dijamin Mommy akan tertidur pulas.
Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini Agar Dapat Tertidur Lebih Cepat
source: https://miss-and-missis.com/

2. Metode Pernafasan 4-7-8

  1. Lakukan olah nafas dan biarkan mulutmu sedikit terbuka dan bunyikan suara desis saat mengeluarkan napas melalui mulut.
  2. Kemudian tutup mulutmu dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Hitung sampai 4 dalam hati.
  3. Lanjutkan dengan menahan napas selama 7 detik.
  4. Setelah itu, buang napas dengan menghembutkan angin selama 8 detik.
  5. Fokuslah pada pernafasan dan aliran udara tanpa memikirkan banyak hal.
  6. Ulangi proses pernafasan ini 4 putaran dan biarkan tubuhmu tertidur dengan relaksasi yang datang lebih cepat dari yang diperkirakan.
baca juga


 

Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini Agar Dapat Tertidur Lebih Cepat
source: https://www.medicalnewstoday.com/

3. Relaksasi Otot

  1. Angkat alis setinggi mungkin dan tahan selama 5 detik. Langkah ini akan mengencangkan otot dahi, kemudian relakskan otot dan rasakan ketegangannya mereda dan diamkan selama 10 detik.
  2. Tarik senyuman selebar mungkin untuk menciptakan ketegangan di pipi. Tahan selama 5 detik. Lalu bersantai dengan jeda selama 10 detik.
  3. Miringkan kepala sedikit ke belakang hingga mendapat posisi nyaman memandangi langit-langit. Tahan 5 detik dan relaksasi otot leher saat kepala menyentuh bantal. Diamkan 10 detik.
  4. Lakukan ini untuk otot-oto tubuhmu hingga semuanya menjadi rileks dan tenang. 
Susah Tidur? Coba 4 Cara Ini Agar Dapat Tertidur Lebih Cepat
source: https://www.rd.com/

4. Pengalihan Gambar

Daripada harus menghitung domba, coba bayangkan suasana yang tenang dan nyaman dengan semua perasaan yang ada. Mommy dapat membayangkan air terjun, suara gemericik air yang deras aroma tanah yang terkena basah dari air. Biarkan gambaran ini benar-benar tervisualisasi di otak untuk mengalihkannya dari beragam pikiran.

Itulah beberapa tips yang bisa Mommy lakukan untuk bisa tertidur lebih cepat. Selamat mencoba, ya!