Tak sedikit Ibu hamil yang masih tidak tahu apa itu senam kegel dan apa manfaatnya bagi kehamilan. Nah, senam kegel adalah latihan otot yang bertujuan untuk memperbaiki beberapa masalah kekuatan otot panggul bawah yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti melahirkan, penuaan serta kelebihan berat badan.

Tak hanya itu, senam kegel juga dapat mengatur aliran urine. Jadi jika Moms sering mengalami urine keluar saat batuk maupun tertawa. Moms bisa lho melakukan senam kegel untuk mengatasinya.

Lalu, apa manfaatnya senam kegel untuk Ibu hamil? Simak selengkapnya di bawah ini yuk Moms.
 

source: http://dedaunan.com



1. Mencegah Sobeknya Perineum

Perlu diketahui bahwa saat melahirkan normal, tak sedikit ibu yang akan mengalami sobeknya Perineum. Perineum itu sendiri adalah bagian antara vagina dan anus. Bahkan ada sebagian kasus, di mana perineum terpaksa digunting agar jalan lahir terbuka lebar sehingga bayi lebih muda keluar.

Nah, senam kegel ini ternyata dapat mencegah terjadinya perobekan pada Perineum, pasalnya senam kegel dapat membuat otot panggul menjadi kuat dan elastis. Sehingga bayi pun dapat lebih mudah keluar dibandingkan Moms yang tidak melakukan senam kegel.
 

source: http://www.solusisehatku.com
baca juga




2. Mengurangi Urinisasi

Ternyata senam kegel bermanfaat untuk mengurangi urinisasi ibu hamil, lho. Usai melahirkan, tak sedikit dari ibu hamil yang mengalami urinisasi atau Inkontinensia yaitu kondisi di mana ibu tidak dapat menahan buang air kecil. Karena itu, senam kegel bermanfaat untuk membantu Moms agar dapat mengontrol intensitas buang air kecil.

source: http://metro.co.uk




3. Mencegah Wasir atau Ambeien

Saat melakukan proses persalinan normal, risiko wasir atau ambeien memang kerap dialami. Kondisi itu umumnya terjadi saat Ibu mengejan. Ya, salah mengejan tak hanya dapat membuat Moms mengalami buang air besar, tapi juga dapat membuat Moms mengalami wasir atau ambeien. Nah, senam kegel diyakini dapat mencegah terjadinya kondisi tersebut.

source: https://hellosehat.com