Baru-baru ini, pria berasal dari Provinsi Jiangsu, China yang masih berusia 19 tahun hampir meninggal terkena serangan stroke karena menonton serial drama di tempat tidurnya untuk waktu yang lama. Pemuda ini didiagnosis menderita infark serebral atau bisa juga disebut stroke.

Hal ini terjadi setelah dia mulai merasakan lemah pada anggota tubuh sebelah kanan ketika digerakkan. Selain itu pemuda ini juga mulai bicara tidak jelas. Kemudian dia segera dilarikan ke rumah sakit.

Berbaring dan Nonton Drama Seharian, Remaja Ini Terserang Stroke Di Usia Muda
source: https://medan.tribunnews.com/

Di rumah sakit dokter mengatakan bahwa ada pembuluh darah yang tersumbat oleh plak dari kalsium lemak yang menumpuk di dalam arteri. Dokter pun mempertanyakan bagaimana pria ini bisa terkena penyakit stroke, padahal usianya masih begitu muda. Karena umumnya penyakit stroke diderita oleh mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

Dilaporkan bahwa pria itu sama sekali tidak memiliki gaya hidup sehat. Dilaporkan bahwa pria itu sama sekali tidak memiliki gaya hidup sehat. Pemuda ini memiliki kebiasaan merokok, dan jarang berolahraga. Selain itu dia juga mengaku bahwa dirinya selalu berbaring di tempat tidur dan menonton drama setelah makan. Parahnya, kegiatan tersebut dia lakukan setiap hari.

Berbaring dan Nonton Drama Seharian, Remaja Ini Terserang Stroke Di Usia Muda
source: https://suar.grid.id/

Kebiasaan ini membuat anggota tubuhnya melemah, dan akhirnya menderita infark serebral. Dokter juga mengatakan pemuda ini memiliki berat badan sebanyak 100 kg. Saat ini, pemuda tersebut telah dioperasi, namun belum diketahui bagaimana keadaannya pasca menjalani operasi.

baca juga

Penyebab dan Mencegah Stroke Di Usia Muda

Jika Moms tidak ingin terserang stroke di usia muda, Moms harus tahu nih apa saja penyebab stroke dan bagaimana cara mencegahnya.

Penyebab Stroke Di Usia Muda
Seperti dilansir Hellosehat, S. Ausim Azizi, MD, pimpinanan jurusan Neurology dan dosen neurology Temple University Medical School di Philadelphiag mengatakan, dibandingkan stroke pada usia lanjut, stroke di usia muda adalah penyakit yang berbeda. Infeksi, trauma gangguan jantung, dehidrasi, sickle cell disease bisa menjadi penyebab paling umum stroke pada usia muda. Penurunan asupan atau supply darah ke otak mengakibatkan terjadinya stroke.

Stroke isemik biasanya menjadi penyebab yang sering terjadi, yaitu karena adanya pembekuan darah di dalam jantung atau pembuluh darah. Penyebab lainnya adalah pembedahan pembuluh darah di leher, di mana pembekuan diakibatkan oleh robekan kecil pada pembuluh darah besar dan darah dikirim ke otak. Migrain, pil KB, kehamilan, dan merokok juga diidentidikasi sebagai penyebab stroke usia muda.

Penyebab dan Mencegah Stroke Di Usia Muda
source: https://hellosehat.com/

Mencegah Stroke Di Usia Muda
Ada beberapa cara yang dapat Moms lakukan untuk mencegah stroke di usia muda, yaitu.

  • Olahraga yang teratur untuk kesehatan tubuh dan menjaga berat badan yang stabil. Olahraga juga mampu membakar lemak dan kalori, sehingga tidak terjadi penyumbatan pada pembuluh darah akibat lemak jenuh yang berkumpul.
  • Diet makan makanan rendah lemak, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan gandum utuh.
  • Pantau tekanan darah setiap saat, sehingga Moms tahu harus melakukan apa jika tekanan darah Moms tinggi. Cek juga tingkat kolesterol ya, Moms.
  • Menghindari rokok, narkoba, dan alkohol.
  • Kunjungi dokter untuk konsultasi lebih lanjut.

Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Seperti yang diketahui, pemuda 19 tahun asal China yang terserang tersebut memang tidak memiliki gaya hidup yang sehat. Maka dari itu, penting banget Moms memiliki gaya hidup sehat, karena banyak sekali manfaatnya, apa saja?

  • Menjaga imun tubuh sebagai pencegahan terhadap penyakit
  • Memacu energi dan semangat baru saat menjalani aktivitas
  • Membantu dalam mengontrol berat badan
  • Meningkatkan mood menjadi lebih positif
  • Gaya hidup sehat membantu dalam memperpanjang usia
Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat
source: http://www.majesticva.com/

Wah, serem juga ya, Moms. Rehat sejenak, memanjakan diri sambil menonton serial drama favorit memang tidak mengapa, Moms. Tapi jangan sampai berlebihan, ya.