Penyakit jantung menyumbangkan 17 juta kematian pertahun di seluruh dunia. Sekitar 1 dari 3 orang meninggal karena penyakit jantung ketika usia menginjak di atas 35 tahun. Banyak yang menyebabkan penyakit ini bersarang di tubuh kita moms. Diantaranya kolestelor tinggi, tekanan darah tinggi, obat-obatan, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, berkafein, penyalahgunaan NAPZA,diabetes hingga penyakit jantung koroner.

Dilihat dari penyebabnya tentu hal itu dikembalikan lagi dari gaya hidup sehari-hari yang moms jalankan. Untuk menghindari penyakit mematikan yang satu ini moms perlu komitmen kuat dalam menjalani kebiasaan hidup sehat-sehat sehari. Seperti apa gaya hidup sehat demi membuat jantung jauh lebih sehat?

Jaga Tubuh Tetap Ideal

Menjaga berat badan tetap ideal bisa membantu moms terhindar dari penyakit jantung. Diet sehat dengan petunjuk ahli gizi bisa membuat moms memiliki tubuh ideal tanpa pusing dengan penumpukan lemak pada tubuh Anda. Moms pun terhindar dari obesitas yang membuat peluang resiko terkena serangan jantung lebih besar. Tubuh sehat dan langsing, jantung pun terjaga.

Jaga Tubuh Tetap Ideal
baca juga

Rutin Olahraga

Memiliki tubuh bugar bisa jadi kunci terhindar dari berbagai penyakit mematikan, termasuk jantung. Selain itu memiliki kebiasan berolahraga juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Penyakit pun enggan bersarang moms. Untuk terhindar dari penyakit jantung moms bisa melakukan rutinitas olahraga setiap hari, setidaknya selama 30 menit.

Rutin Olahraga

Hindari Stres

Stres nyatanya bisa memicu berbagai penyakit termasuk serangan jantung. Terutama bagi perempuan. Jika Anda termasuk orang yang aktif dan banyak pekerjaan sebisa mungkin hindari stress atau Anda bisa memanage stres Anda dengan hobi atau meditasi. Yoga bisa jadi pilihan untuk olahraga sambil bermeditasi. Lakukan disela-sela kesibukan Anda. Agar pikiran tenang, dan stress pun dapat teratasi secara baik, dan tak sampai mengganggu kesehatan.

Hindari Stres
baca juga

Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan sehari-hari sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh moms. Makanan bernutrisi tak hanya berdampak pada berat badan ideal, tapi juga dapat membuat Anda terhindar dari kolesterol tinggi. Seperti diketahui kolesterol salah satu pemicu penyakit jantung. Menjaga kadar kolesterol bisa dilakukan dengan tidak terlalu sering mengonsumsi jenis makanan yang mengandung kolesterol, seperti daging merah dan jeroan. Selanjutnya lakukan dengan mengurangi makanan mengandung tinggi gula dan lemak. Buah dan sayuran bisa jadi menu makanan harian wajib moms.

Konsumsi Makanan Bergizi

Lakukan Diet Garam

Mengonsumsi garam dalam kadar berlebih membuat ginjal menyesuaikan kadar cairan dalam darah. Kondisi ini membuat volume dan tekanan darah meningkat. Sehingga kerja jantung pun lebih keras, guna menyuplai darah segar ke seluruh tubuh.Resiko mengalami serangan jantung pun meningkat.  Garam bukan berarti tidak bermanfaat bagi tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, tentu manfaat garam bagi tubuh sangat penting. Mengandung natrium, garam bisa mengontrol tekanan darah dan menjaga kadar caira dalam tubuh, serta membantu kerja otot dan saraf. Jumlah asupan garam yang dianjurkan adalah 6 gram per hari.

Jika moms akan melakukan diet garam, cobalah mengurangi makan-makanan yang mengandung natrium. Moms juga bisa membatasi penggunaan garam itu sendiri di setiap hidangan yang Anda masak. Sebagai gantinya cobalah konsumsi makan makanan segar, seperti buah dan sayur. Jika ingin mengonsumsi daging, pilih pula daging segar, daripada olahan seperti bacon atau sosis.

Lakukan Diet Garam