Gejala yang terjadi saat terserang virus cacar air yaitu demam, nyeri pada tubuh, dan munculnya ruam kemerahan pada kulit. Penyakit ini bisa menular jika terjadi kontak langsung dengan ruam atau dari percikan air ludah penderita cacar air.

Bahaya Cacar Air Pada Ibu Hamil, Ini Efek Buruknya Bagi Janin
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRQCg0N9_0hqkoWb-Zq3ZQYiZRwTE8aLBvN_IU_IlJE-d-C2xdD

Jika dialami oleh anak-anak ataupun orang dewasa, penyakit cacar air memang tidak berbahaya. Namun, yang perlu diwaspadai adalah ketika virus cacar air menyerang ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya komplikasi, baik pada ibu maupun pada janin yang dikandungnya.

baca juga

Efek Cacar Air Bagi Ibu Hamil

Saat cacar air menyerang ibu hamil, bisa terjadi risiko komplikasi. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami komplikasi saat terkena cacar air. Beberapa risiko komplikasi yang terjadi pada ibu hamil yang terkena cacar air yaitu radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), dan radang hati (hepatitis). Biasanya, risiko komplikasi ini terjadi apabila ibu hamil memiliki kebiasaan merokok, memiliki riwayat penyakit paru-paru, mengonsumsi steroid dan usia kandungan sudah lebih dari 20 minggu.

Efek Cacar Air Bagi Ibu Hamil
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRM6U_qJSRawM8aN661W3X87BxeKk7fMVkaErcwgg62xtIFQ8Rd

Efek Cacar Air Bagi Janin Dalam Kandungan

Efek infeksi virus cacar air bagu janin berbeda-beda, tergantung usia kehamilan ibu saat terserang virus cacar air. Jika usia kehamilan masih awal pertengahan, janin dapat berisiko terkena sindrom varicella kongenital. Sindrom ini dapat menyebabkan beberapa kelainan bawaan seperti bekas luka, kelainan otot dan tulang, kelumpuhan, ukuran kepala kecil, kebutaan, kejang atau keterbelakangan mental. 

Jika usia kandungan 26-38 minggu, virus cacar air dapat memasuki tubuh bayi, namun tidak terjadi reaksi apapun. Tapi, saat virus kembali aktif setelah bayi lahir, dapat memicu risiko bayi mengalami cacar api setelah beberapa tahun pertama kelahirannya.

Jika usia kandungan sudah lebih dari 36 minggu, biasanya bayi akan terlahir dengan kondisi terserang virus cacar air.

Efek Cacar Air Bagi Janin Dalam Kandungan
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTyZgcwbHNN1OCME44ter9pYCIWkn9iUE69EolaJQQb2NxJUZxZ
baca juga

Efek Samping Cacar Air Bagi Bayi Baru Lahir

Jika ibu hamil terserang virus cacar air saat mendekati hari persalinan dan maksimal dua hari pasca persalinan, dapat menyebabkan bayi terserang cacar air saat baru lahir. Jika ibu hamil yang terkena cacar air pada masa ini tidak diterapi dengan benar, maka dapat menyebabkan bayi terkena cacar air pada usia 5-10 hari. Jika hal itu terjadi, maka harus segera ditangani dengan cepat dan tepat, karena jika tidak bisa berbahaya hingga menyebabkan kematian.

Efek Samping Cacar Air Bagi Bayi Baru Lahir
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRkczTfvUdjHTj-xZ-37NiwYAFk06JX4jFZXYBC-e9_RIJTOC7I

Demikian beberapa efek samping cacar air yang terjadi pada ibu hamil. Semoga bermanfaat ya Moms!