Bohong untuk Menakuti

Daftar Kebohongan Orangtua Pada Anak yang Harus Dihindari
source: https://www.sciencedaily.com/

Salah satu cara yang dilakukan orangtua agar anaknya dapat patuh dan mendengarkan perintah atau arahan adalah dengan berbohong dengan menakutinya. Sebut saja saat Mommy memaksa anak tidur karena akan ada monster yang akan mendatanginya jika masih terjaga di malam hari. Di waktu lain mungkin Mommy juga pernah berbohong bahwa polisi akan datang dan menangkap anak yang tidak menghabiskan makanannya. Kebohongan semacam ini memang terkesan sederhana, tetapi berdampak langsung pada pembiasaan anak pada kebohongan itu sendiri.


Bohong untuk Mengalihkan 

Daftar Kebohongan Orangtua Pada Anak yang Harus Dihindari
source: https://researchdigest.wordpress.com/

Saat anak menangis untuk meminta dibelikan mainan, terkadang orangtua mencoba mengalihkannya dengan mengatakan bahwa akan ada mainan yang lebih baik di tempat selanjutnya. Bujukan ini tentu adalah sebuah kebohongan. Jika anak menagih tempat lain tersebut, tidak jarang orangtua ini akan melanjutkannya dengan kebohongan lain. Tentu hal ini tidak sehat untuk tumbuh kembang anak dan pendidikan moralnya.

baca juga


Bohong Tidak Punya Uang 

Daftar Kebohongan Orangtua Pada Anak yang Harus Dihindari
source: https://www.30seconds.com/

Nah, kalau yang satu ini mungkin pernah Mommy lakukan. Berbohong bahwa Mommy sedang tidak punya uang juga bisa berdampak serius pada perkembangan anak. Saat anak menginginkan sesuatu, katakan padanya bahwa uang yang Mommy miliki tidak cukup untuk membelinya. Ada beberapa kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Cara ini dapat membangun kesadaran anak tentang prioritas. Akan lebih baik lagi jika Mommy mengajarkan si kecil tentang cara menabung untuk membantunya memahami konsep usaha untuk mendapatkan sesuatu. Bukan dengan berbohong tidak punya uang.


Bohong Pergi Sebentar

Daftar Kebohongan Orangtua Pada Anak yang Harus Dihindari
source: http://alankazdin.com/

Terakhir, saat anak merengek untuk diajak pergi, Mommy terkadang berbohong dan berkata bahwa hanya akan pergi sebentar. Tapi, tahukah Mommy jika si kecil menaruh harapan bahwa Mommy akan segera pulang setelah pergi "sebentar." Fakta bahwa Mommy pulang larut akan mematahkan kepercayaannya pada Mommy. Ini juga berdampak pada kebiasaan berbohong yang juga terbentuk pada mental anak sebagai hal yang wajar.