Seperti dilansir melalui laman web Haibunda, Jodie Hollis-Tobin, wanita berusia 23 tahun ini tahu dirinya memiliki serviks yang tidak normal setelah melahirkan bayinya yang ketiga, Hudson, secara prematur. Nah, pada Januari lalu, bayi keempat Jodie yang diberi nama Vladimir lahir saat usia kandungan 16 minggu. Sayang, dia meninggal 7 menit setelah lahir.

Wanita Ini Lahirkan Bayi Prematur 5 Kali Berturut-turut, Apa Penyebabnya?
source: https://www.haibunda.com/
"Dokter memberi tahu bahwa saya mengalami uterus didelphys di mana saya punya dua rahim," kata Jodie.
source: https://www.haibunda.com/

Sebelum melahirkan Vladimir, bayi keempatnya, Jodie hanya tahu dirinya mengalami kehamilan ektopik. Maka dari itu, beberapa kali Jodie juga mengalami keguguran. Tes yang dilakukan sang dokter, Renuka Sekar menunjukkan ada dua rahim di tubuh Jodie dengan pembatas di bagian tengah.

Awalnya, Jodie mengaku sempat shock. Namun, lambat laun dia bisa menerima penyebab kehamilannya selalu berakhir dengan kelahiran yang berbahaya. Meski sudah tahu penyebab pastinya, Jodie masih sering menyalahkan dirinya sendiri.

Masih dalam masa berduka kehilangan Vladimir, rupanya Jodie kembali mengandung. Dia dan pasangannya, Christopher Swan, tentu menyambut bayi mereka. Sang dokter pun berjanji melakukan yang terbaik agar si kecil dalam perut Jodie bisa lahir penuh bulan (37 minggu).

Akan tetapi anak kelimanya tetap lahir prematur pada usia kandungan 27 minggu, pada 24 September 2019 lalu, dan diberi nama Velora Renuka. Beruntung bayi tersebut masih bisa bertahan hidup hingga saat ini. Namun sebelum pulang ke rumah, Velora belajar berbagai keterampilan. Dia dilatih bernapas, mengatur suhu tubuhnya, dan belajar mengisap ASI lewat selang untuk meningkatkan berat badannya.

Wanita Ini Lahirkan Bayi Prematur 5 Kali Berturut-turut, Apa Penyebabnya?
source: https://www.haibunda.com/
"Akhirnya, anak kelima saya lahir. Kami memberinya mana Velora Renuka, mengambil sebagian nama dokter yang menangani anak kami. Dia lahir di usia kandungan 27 minggu pada 24 September, setelah beberapa hari saya mengalami kontraksi," papar Jodie.
source: https://www.haibunda.com/
baca juga

Sebelum memiliki Vladmir, bayi keempatnya yang meninggal, sebenarnya Jodie sudah memiliki tiga anak yang juga lahir prematur. Mereka adalah Ariella Jayme (4) yang lahir saat usia kandungan 33 minggu, Tobias (3) yang lahir saat usia kehamilan 25 minggu, dan Hudson (2) yang lahir di usia kehamilan 23 minggu.

Wanita Ini Lahirkan Bayi Prematur 5 Kali Berturut-turut, Apa Penyebabnya?
source: https://www.haibunda.com/

Tentang Rahim Ganda

Dilandir Detik, Dalam beberapa kasus rahim ganda, terjadi karena dua rahim itu membagi satu set Fallopian tube, indung telur, leher rahim dan vagina. Tapi ada juga kasus seorang perempuan terlahir dengan dua rahim, dua set Fallopian tube dan indung telur, dua leher rahim dan dua vagina. Perempuan dengan dua vagina dapat melakukan operasi untuk menggabungkan dua vagina menjadi satu, tapi tidak untuk rahim.

Uterus didelphys ini biasanya terjadi ketika saluran Mullerian dari janin yang sedang berkembang tidak pernah bergabung ke dalam rahim, seperti yang seharusnya.

Tentang Rahim Ganda
source: https://health.detik.com/

Wanita yang hamil di kedua rahimnya secara bersamaan, akan melahirkan 30 minggu lebih cepat dari biasanya, sehingga membuat bayinya terlahir prematur.

Proses persalinan biasanya melalui proses caesar, sebelum tiap rahim menjadi sangat sempit sehingga membuat bayi tak bisa melanjutkan pertumbuhannya. Pada kebanyakan kasus, rahim tidak dapat meregang cukup lama seperti masa kehamilannya umumnya.

Jenis kehamilan seperti ini sangat berbeda dengan hamil bayi kembar dalam satu rahim. Pada kasus hamil kembar dalam dua rahim, sang ibu bisa menentukan hari kelahiran dari masing-masing rahimnya, minggu atau bulannya sejak rahim benar-benar terpisah. Namun hal tersebut dapat menimbulkan masalah, karena metode yang memungkinkan adalah caesar prematur.

baca juga

Penyebab Kelahiran Prematur

Moms, ada beberapa hal yang menyebabkan bayi lahir prematur. Diantaranya adalah:

  • Infeksi penyakit menular seksual
  • Infkesi saluran kemih
  • Mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, anemia selama masa kehamilan.
  • Adanya kondisi  plasenta previa, yaitu kondisi ketika plasenta tertanam terlalu dekat dengan serviks atau mulut rahim.
Penyebab Kelahiran Prematur
source: https://www.tribunnews.com/
  • Kondisi abruptio plasenta, yaitu kondisi ketika plasenta mulai memisahkan diri dari dinding rahim sebelum bayi lahir.
  • Memiliki struktur serviks yang kurang dari 2.5 cm, atau serviks yang membuka dan menutup tanpa kontraksi.
  • Menjalani operasi di rongga perut selama mengandung.
  • Gaya hidup yang buruk seperti merokok, minum alkohol, dan tidak mengonsumsi makanan bergizi.
Itu tadi Moms, kisah seorang wanita yang melahirkan secara premature bahkan hingga lima kali berturut-turut. Jika saat ini Moms sedang mengandung, jangan lupa untuk selalu makan makanan bergizi, minum vitamin ibu hamil, dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan Mommies. Happy pregnancy, Moms!