Otak Kambing

Dilansir dari DetikFood, menu kuliner yang satu ini termasuk unik, yaitu otak kambing. Tidak semua orang suka otak kambing sebagai menu santap. Namun, di Amerika, otak kambing sering dijadikan campuran ke dalam makanan, walaupun tren ini dianggap aneh. Sebagian orang berpendapat bahwa otak hewan sudah dipenuhi dengan virus dan bakteri. Tapi di beberapa negara, otak hewan dianggap sebagai makanan kesehatan.

Di Timur Tengah, menyantap otak kambing merupakan menu kuliner yang biasa. Beda negara, beda penyajian. Breja, hidangan khas Mumbai terbuat dari otak kambing. Di mana otak kambing dimasak dengan kari kental yang dicampur dengan potongan cabai dan jahe. Di Pakistan pun, otak kambing disajikan sebagai jajanan kaki lima. Menurut sebagian orang, tekstur otak kambing mirip dengan telur orak-arik.
Otak Kambing
source: http://food.detik.com

Perut Domba

Menu kuliner olahan organ hewan selanjutnya adalah perut domba. Hidangan ini dipopulerkan oleh Skotlandia. Terkenal dengan nama Haggis, yaitu hidangan yang terbuat dari bagian perut domba yang isinya dikeluarkan lalu dicincang dan dimasak kembali dii dalam perut domba.

Olahan daging domba ini memang populer di banyak negara. Daging domba bisa menjadi hidangan tradisional hingga modern. Lapisan perut domba ini sering diolah menjadi isian burger, burritos, hingga poutine. Di Romania, perut domba ini dicampurkan ke dalam sarapan mereka yaitu oatmeal. Perut domba dipercaya dapat menjadi obat untuk pereda mabuk. Rasanya enak dan kenyal.

Perut Domba
source: http://food.detik.com
baca juga

Testis Banteng

Walau terdengar aneh, organ yang satu ini ternyata cukup banyak digemari. Olahan testis banteng di sebagian negara dapat diolah menjadi beragam masakan, seperti burger, burrito, sup, hingga gorengan.

Organ vital banteng ini menjadi makanan populer di Amerika hingga Kanada. Colorado mengolah testis banteng ini digoreng hingga menjadi garing. Sedangkan di Montana, bahkan ada kuliner khusus testis banteng. Amerika Latin mengolah testis banteng menjadi sup dengan aneka sayuran dan rempah lainnya.

Testis Banteng
source: http://food.detik.com

Ampela

Ampela merupakan makanan yang familar bagi Asia, terutama Indonesia, Vietnam, Taiwan hingga Korea. Namun, di negara lain, ampela dianggap makanan yang ekstrem. Karena ampela merupakan bagian organ pencernaan dari ayam, yang membantu menghaluskan makanan.

Di Indonesia dan Thailand, ampela disajikan sebagai pelengkap hidangan dan jajanan kaki lima. Sedangkan di Nigeria, ampela diolah menjadi kaldu sup yang gurih. Tak ketinggalan, Portugal mengolah ampela menjadi Moelas, yaitu hidangan ampela yang diolah bersama anggur merah, kaldu, bawang putih dan bawang bombay.

Ampela
source: http://food.detik.com
baca juga

Ginjal Domba

Sajian unik kuliner olahan organ hewan yang terakhir adalah ginjal domba. Ada sejarah dibalik makanan ini, pada masa Great Depression, harga daging terlalu mahal. Sehingga warga Amerika mengolah sisa-sisa daging hewan, termasuk ginjal domba.

Di Hong Kong, ginjal domba ditumis dengan cabai dan sayuran. Rasanya yang enak ini membuat kuliner ginjal domba banyak digemari. Sedangkan di Perancis, ginjal domba diolah dengan cara ditimus atau dipanggang. Bahkan di Inggris, ginjal domba dijadikan olesan roti hingga dicocol dalam wine.
Ginjal Domba
source: http://food.detik.com

Nah, itu dia Moms, 5 olahan organ hewan yang jadi kuliner unik. Bagi sebagian orang mungkin terasa aneh, namun ternyata rasa kuliner yang disajikan juga enak. Tertarik mencobanya, Moms?