1. Sakit di Mulut

Jika anak mengalami sakit seperti sariawan atau radang gusi, itu bisa jadi adalah penyebab si kecil sulit meminum susunya. Dengan mulut yang sedang luka, makanan atau minuman yang masuk akan membuat lukanya terasa perih. Jadi sebaiknya kamu memeriksa bagian mulut si kecil untuk memastikan kesehatannya, ya!

source: https://articles.id/bahaya-penyakit-sariawan-pada-bayi-dan-cara-mengatasinya/


 

baca juga

2. Gangguan di Pencernaan

Pencernaan yang bermasalah biasanya berpengaruh pada nafsu makan anak, lho. Jika ada tanda-tanda seperti sulit poop, atau muntah-muntah, mungkin saja si kecil sedang mengalami gangguan pencernaan.

source: http://nova.grid.id/Kesehatan/Anak/Waspada-3-Gangguan-Pencernaan-Pada-Anak-Yang-Sering-Muncul-Ini


 

3. Mau Tumbuh Gigi

Si kecil biasanya akan merasa sakit di gusi kalau giginya mau tumbuh. Nah, kamu harus menunggu giginya benar-benar keluar atau sampai gusinya tidak sakit lagi, sambil mengganti susunya dengan makanan pendamping yang bisa memenuhi kebutuhan gizi hariannya saat si kecil mogok minum susu.

source: http://www.alodokter.com/mengantisipasi-bayi-tumbuh-gigi-yang-sering-rewel


 

baca juga

4. Gangguan Pernapasan

Hidung yang tersumbat saat flu juga bisa menyulitkan anak untuk menyedot susunya. Segera bawa si kecil ke dokter dan memberinya obat agar dia bisa minum susunya lagi.

source: https://cara.pro/cara-mengatasi-pilek-pada-bayi/


 

5. Rasa Susu yang Berbeda

Jika sudah semakin besar, jenis susu juga harus disesuaikan dengan umurnya. Kasus ini juga termasuk jika ASI digantikan dengan susu formula yang rasanya tentu berbeda. Bisa jadi si kecil tidak suka dengan rasa susu yang baru, dia butuh beberapa waktu untuk penyesuaian, ya mommy.
 

source: https://hellosehat.com/peralihan-dari-asi-ke-susu-formula/


 

6. Aliran Susu Terlalu Deras

Biasanya kasus ini terjadi pada bayi yang menyusu menggunakan botol susu. Lubang dot yang terlalu besar bisa menjadi penyebab anak sulit minum susu, karena aliran susu akan terlalu banyak masuk ke mulutnya dan membuatnya kewalahan saat menelan.

source: https://omahanak.wordpress.com/2013/02/19/amankah-botol-susu-anak-kita/


 

Semoga si kecil tidak kesulitan lagi untuk minum susunya, ya mommy!