Hindari Mencuci di Bawah Kran
Sebagai jenis tanaman yang tumbuh dekat dengan tanah, jamur memang rentan terkena kotoran. Maka itu penting untuk membersihkanya dengan teliti. Eits, tapi perlu diingat ya moms sebaiknya hindari mencuci jamur di bawah kran langsung, karena bila dicuci dengan cara tersebut dapat menyebabkan jamur jadi lembek. Selain itu, untuk tipe jamur yang lunak mencuci di bawah kran bisa merusak teksturnya.

Jangan Direndam
Dilansir dari laman HaiBunda, merendam jamur untuk membersihkanya juga sangat tidak dianjurkan. Karena seperti yang moms ketahui tekstur jamur seperti spon, jadi bila direndam maka jamur akan menyerap air dan membuatnya lembek saat dimasak.

Bukan Direndam, Ini Moms Cara Membersihkan Jamur yang Benar

Gunakan Kain Basah
Karena sensitifnya jamur pada air, pilihan tepat adalah meminimalisir penggunaan air saat mencucinya. Moms bisa gunakan kain basah atau sikat kue yang diberi sedikit air untuk menyeka bagian yang kotor.

Hal tersebut juga diutarakan penulis buku How To Cook Everything Vegetarian: Simple Meatles Recipes For Great Food, Mark Bittman, "Jamur itu hanya butuh disiram bukan 'mandi'." Maksudnya disini adalah moms boleh membersihkan jamur dengan air. Tapi cukup dengan membilas secara cepat saja.

Segera Tiriskan
Bila jamur yang moms beli bisa dibersihkan tanpa menggunakan air maka jamur bisa langsung diolah. Namun bila jamur yang moms punya harus dibersihkan dengan air maka penting untuk segera mengeringkannya jika ingin disimpan atau segera mengolahnya. Sebab jamur yang terkena air biasanya tidak lagi bagus. Dan pilihan untuk segera mengeringkannya adalah cara terbaik untuk menjaga kualitas jamur sebelum dimasak.

Bukan Direndam, Ini Moms Cara Membersihkan Jamur yang Benar

Membersihkan Tanpa Air
Sebenarnya ada beberapa jenis jamur yang bisa diolah tanpa dicuci dengan air lho moms, jadi cukup dilap dengan kain kering. Tujuannya tentu untuk menjaga kualitas jamur agar tidak rusak oleh air. Biasanya moms cukup menggosok jamur dengan kain kering lalu moms sudah bisa langsug mengolahnya

Nah, untuk sedikit tips ya jika moms memilih membersihkan jamur dengan kering atau tanpa air sebaiknya potong dulu bagian bawah atau akar jamur agar mempermudah pembersihan. Dan dengan begitu maka jamur bisa benar-benar bersih.

Begitulah tadi beberapa tips cara membersihkan jamur yang tepat ya moms. Terlihat mudah bukan? Dan setelah tahu cara membersihkan jamur dengan tepat tentunya moms akan makin semangat memasak jamur nih. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba, moms.