1. Perbaiki Pola Asuh

Cara mengatasi anak terlambat bicara yang cukup efektif adalah dengan memperbaiki pola asuhmu yang selama ini keliru. Hindarilah hal-hal seperti jarang mengajak anak bicara, terlalu sering memberikan gadget dan menonton televisi, serta kurang menstimulasi kemampuan bahasanya. 

Ubah pola asuh tersebut, dengan sering mengobrol bersama anak dan melatih kemampuan bahasanya dengan mengajaknya bernyanyi bersama, membacakan buku dan bermain bersama. Selain itu, tentukan gadget atau TV time secara konsisten, misalnya hanya 1 jam selama 2 hari atau tidak sama sekali. 
 

1. Perbaiki Pola Asuh
source: https://parentacademy.bg


 

baca juga

2. Terapi Wicara

Biasanya terapi wicara diberikan kepada anak yang mengalami keterlambatan bicara yang cukup parah. Saat mendeteksi tanda-tanda keterlambatan bicara pada anak, misalnya belum bisa mengatakan satu kata dengan sempurna di usia 2 tahun, maka segera berkonsultasi dengan psikolog ataupun tenaga kesehatan agar dicari tahu penyebabnya. Selain pola asuh yang keliru, terlambat bicara pada anak juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatannya. 

Agar terapi wicara anak berjalan maksimal, maka kamu juga harus tetap melatih anak bicara di rumah. Biasanya terapis anak akan memberikanmu materi untuk digunakan melatih anak bicara di rumah. 
 

2. Terapi Wicara
source: http://www.thejournal.ie


 

3. Perbanyak Waktu Bermain Bersama Anak

Sebenarnya bermain termasuk dalam salah satu usaha untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak. Lebih seringlah berinteraksi dengan anak yang terlambat bicara dan bermain-main bersamanya. Tak perlu melakukan permainan serius dengan memaksa anak menghapalkan ABC ataupun 123. Cukup lakukan hal-hal menyenangkan dengan menyanyi bersama atau mendengarkan musik. Selain itu, sering-sering ajak anak bermain di luar rumah agar ia bisa bertemu dengan teman-temannya yang lain. Dengan melakukan hal ini, maka kemampuan bicara anak akan sedikit demi sedikit mulai berkembang. 
 

3. Perbanyak Waktu Bermain Bersama Anak
source: http://spice4life.co.za


 

baca juga

4. Ajak Anak Bergaul

Tak usah minder karena si kecil termasuk anak yang terlambat bicara. Tetaplah mengajak anak untuk bergaul dengan teman-temannya dan memasukkan ke sekolah normal, kalau memang kondisi kesehatannya memungkinkan. Dengan sering berkomunikasi dengan teman-temannya, maka turut melatih kemampuan bicaranya. 
 

4. Ajak Anak Bergaul
source: http://www.pattiegroup.com/