Seorang profesor ahli saraf dari Harvard, Natalia Rost, yang juga merupakan kepala divisi stroke di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston, memaparkan adanya hubungan antara insomnia dan risiko gangguan kardiovaskular. 

Insomnia Sebabkan Serangan Jantung dan Stroke? Ini Faktanya!
source: https://www.mdmag.com/

Tiga Tanda Insomnia

Para ahli dalam penelitian ini mengungkap bahwa ada tiga tanda yang menjadi kunci gejala insomnia pada orang dewasa. Beberapa diantaranya adalah:

  • Keluhan kesulitan tidur dan tertidur nyenyak.
  • Kebiasaan bangun terlalu pagi dan tidak bisa tidur lagi.
  • Kesulitan untuk tetap fokus pada siang hari karena kurang tidur.

Saat para peneliti melakukan penilaian pada responden atau peserta penelitian yang memiliki keluhan insomnia, para peneliti mengamati adanya pola gangguan kesehatan jantung yang hampir serupa pada peserta penelitian. Hasilnya, 22% dari mereka mengalami peningkatan risiko untuk terjangkit penyakit arteri koroner dan 10% diantaranya mengalami peningkatan risiko stroke jika dibandingkan dengan mereka yang tidur dengan baik. 

Insomnia Sebabkan Serangan Jantung dan Stroke? Ini Faktanya!
source: https://medicalxpress.com/

Dalam penelitian ini, para peneliti menemukan bahwa insomnia yang berdampak langsung pada gangguan dan pikiran yang buruk meningkatkan risiko masalah jantung hingga 13%. Selain itu, 7% diantaranya juga lebih mungkin terserang stroke dengan gangguan jantung lainnya dibandingkan dengan orang dewasa lain yang tidak memiliki masalah tidur.

baca juga

Selain itu, perlu dipahami juga bahwa hubungan gejala insomnia dengan penyakit-penyakit itu dapat terjadi pada orang dewasa yang lebih muda dan mereka yang tidak memiliki kondisi khusus seperti tekanan darah tinggi pada awal penelitian. Dalam hal ini, pengaruh terbesarnya adalah gangguan fungsi hormon yang memburuk karena kualitas tidur yang tidak optimal. Hal ini kemudian berdampak langsung pada meningkatnya gangguan metabolisme dan inflamasi.

Insomnia Sebabkan Serangan Jantung dan Stroke? Ini Faktanya!
source: https://www.ctvnews.ca/

Apapun hasil penelitiannya, perlu diakui bahwa kualitas tidur yang baik memang berperan besar dalam menunjang kesehatan dan kondisi fisik seseorang. Untuk itu, jika Mommy memiliki keluhan tentang gangguan tidur, ada baiknya untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.