Kaporit merupakan produk turunan dari klorin yang berfungsi sebagai disinfektan untuk menjernihkan air dan membunuh bakteri dan mikroba lain yang terdapat di dalam kolam renang. Walaupun fungsinya sangat baik, tapi kaporit dalam kolam renang dapat berpengaruh negatif bagi kesehatan bayi.

Oleh karena itu, Moms harus sangat memperhatikan kebersihan kolam renang yang akan digunakan untuk si kecil. Sebaiknya, Moms memilih kolam renang privat atau menggunakan kolam renang plastik untuk mengenalkan aktivitas berenang pada si kecil karena relatif lebih aman untuk kesehatannya. 

Picu Alergi Hingga Gangguan Pernapasan, Ini Bahaya Kaporit Bagi Bayi
source: https://cdn2.momjunction.com/wp-content/uploads/2014/09/baby-swimming.jpg

Berikut ini beberapa bahaya kaporit bagi kesehatan bayi:

baca juga

Dapat Memicu Reaksi Alergi

Kandungan klorin dalam air kolam renang dapat menyebabkan munculnya reaksi alergi pada kulit. Gejala yang biasanya muncul yaitu terdapat ruam kemerahan, gatal-gatal, peradangan kulit, serta kulit kering atau bersisik. Jika hal ini terjadi setelah berenang, sebaiknya segera bilas badan hingga bersih dan segera hubungi dokter apabila keluhan tak kunjung membaik. 

Untuk bayi yang memiliki kulit kering atau eksim pada kulit, sebaiknya tidak diajak berenang di kolam yang mengandung klorin karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Jika bayi berenang pada kolam yang mengandung klorin, segara bilas tubuhnya dengan bersih agar tidak terjadi iritasi kulit.

Picu Alergi Hingga Gangguan Pernapasan, Ini Bahaya Kaporit Bagi Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQguLClYHBl1MIq2imxXwlUkSYlJ9qtVqCJUfTa9QW8cJ2hIowA

Meningkatkan Risiko Gangguan Pernapasan

Selain memicu alergi pada kulit, klorin pada kolam renang juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada saluran pernapasan yang dapat menyebabkan asma. Apabila bayi memiliki kecenderungan alergi, risiko asma dan rinitis alergi akan semakin besar. Semakin lama bayi berenang dalam kolam yang mengandung klorin, mala semakin tinggi pula risiko bayi terserang alergi saluran pernapasan. 

Picu Alergi Hingga Gangguan Pernapasan, Ini Bahaya Kaporit Bagi Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRWiLfyO3rBTWoT1fKIlB4JTe1mvrluBg2g3KFCuLL3FcxCW81t
baca juga

Menimbulkan Masalah Pencernaan

Saat mengajak si kecil berenang, pastikan mulut si kecil aman dari air kolam renang. Jangan biarkan air kolam renang yang mengandung klorin masuk kedalam mulut si kecil yang selanjutnya dapat merusak sistem pencernaan. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, karena saat bayi berenang, risiko tertelan air kolam renang sangatlah besar.

Picu Alergi Hingga Gangguan Pernapasan, Ini Bahaya Kaporit Bagi Bayi
source: https://i.pinimg.com/originals/a0/3d/80/a03d8064ffc4dbb9372a9a89d58219e7.jpg

Menyebabkan Iritasi Pada Mata

Jika klorin bertemu dengan urin atau keringt dalam kolam renang, maka akan terbentuk senyawa yang dapat membahayakan pengelihatan. Jika berenang dalam kolam berkaporit, mata akan terasa perih dan merah dan dapat terjadi iritasi yang dapat menyebabkan masalah serius pada mata. Oleh karena itu, Moms harus memperhatikan bagian wajah bayi saat berenang di kolam berkaporit. Jika memungkinkan, hindari wajah bayi dari air kolam renang.

Picu Alergi Hingga Gangguan Pernapasan, Ini Bahaya Kaporit Bagi Bayi
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcTMEnA9aoZbl4YEO9nMgYqpNdtCFXT2Gth4zLa9wUizci-pV3qU

Itu tadi beberapa bahaya kaporit dalam air kolam renang bagi bayi. Semoga bermanfaat Moms.