Tentu hal ini ada penjelasan ilmiahnya, mengapa stres dapat menyebabkan bergantinya jenis kelamin dari laki-laki menjadi perempuan.

Hindari Stres Saat Hamil Kalau Mau Anak Laki-Laki, Benar Nggak Sih?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQyIFjAiIhYjUBOVyg1t8jnaCG34md13hSutoA2cSluZT7ZgX5i

Dilansir dari Haibunda, ibu yang mengalami stres psikologi saat hamil akan lebih banyak melahirkan anak perempuan dibandingkan anak laki-laki. Hal tersebut berdasarkan dari sebuah penelitian dari Columbia University. Dalam penelitian tersebut juga dikatakan bahwa janin laki-laki sulit bertahan jika sang ibu mengalami stres. 

"Beberapa studi epidemiologi menunjukkan kalau stres juga berefek pada rasio populasi laki-laki dan perempuan," kata Dr. Catherine Monk, profesor medical psychology & director of women's mental health in OB/GYN di Columbia University Irving Medical Center.

Hindari Stres Saat Hamil Kalau Mau Anak Laki-Laki, Benar Nggak Sih?
source: https://cdn.cdnparenting.com/articles/2018/06/326363648_H.jpg
baca juga

Penelitian juga menemukan bahwa setelah terjadinya tragedi WTC tahun 2011 di Amerika dan tragedi gempa bumi parah di Chili tahun 2012, angka kelahiran anak laki-laki semakin sedikit dibandingkan sebelumnya. Tingkat stres sebelum pembuahan juga dapat menyebabkan janin laki-laki tidak terbentuk.

Pada beberapa penelitian ditemukan bahwa cara merespon stres antara janin laki-laki dan perempuan itu berbeda, sehingga tingkat stres ibu dan jenis kelamin bayi sangat berhubungan. Namun, penelitian masih terus berlanjut untuk membuktikan bahwa apakah hal tersebut terjadi secara konsisten atau tidak.

Hindari Stres Saat Hamil Kalau Mau Anak Laki-Laki, Benar Nggak Sih?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQvM-0N6erCTpuh8YE0AewaHUq3uezl7FZTUgPPbsXUMXYpvqDI

Jika berbicara mengenai stres, sebaiknya hal itu harus dihindari, terlepas dari hubungannya dengan jenis kelamin bayi. Menurut Spesialis Kandungan dan Kebidanan, Dr.dr.Ali Sungkar, Sp.OG(K), beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dan menghilangkan stres yaitu latihan ringan atau olahraga, latihan relaksasi, meditasi, dan yoga.

"Maka dari itu, sadarilah ketika perempuan hamil, dia harus menikmati kehamilannya karena itu akan berdampak pada anak," ujar dr Ali, dilansir dari Haibunda.

Hindari Stres Saat Hamil Kalau Mau Anak Laki-Laki, Benar Nggak Sih?
source: https://assets.babycenter.com/ims/2013/12/155671897_wide.jpg?width=600

Demikian penjelasan mengenai hubungan tingkat stres dan jenjs kelamin bayi. Apapun jenis kelamin bayi yang Moms inginkan, sebaiknya tetap nikmati momen kehamilan ya Moms!