Dilansir dari Haibunda, sebuah laporan penelitian mengungkap bahwa media sosial menjadi penyebab perceraian kebanyakan dari pasangan di beberapa daerah seperti Tangerang Selatan, Lamongan, dan Makassar. Berdasarkan kasus ini, psikolog klinis dewasa dari Brawijaya Clinic, Alfath Hanifah Megawati, M.Psi., Psikolog, mengatakan bahwa media sosial memang menjadi salah satu pemicu pasangan mendapatkan akses untuk membuka pembicaraan dengan orang lain. 

Fenomena Cerai Karena Media Sosial, Ini yang Harus Diwaspadai
source: http://family-court-corruption.com/

Media sosial yang membuka akses komunikasi pada orang lain dapat memancing risiko perselingkuhan dan kehadiran orang ketiga. Baik suami mau pun istri dapat membuka komunikasi lebih intens dan mencari kenyamanan dari orang lain. Masalah-masalah rumah tangga sederhana dapat membuat seseorang dapat melakukan perselingkuhan emosional. Hal ini tentu dapat bertambah parah hingga memicu masalah rumah tangga yang serius dan perceraian.

Fenomena Cerai Karena Media Sosial, Ini yang Harus Diwaspadai
source: https://domanlaw.com/
baca juga

Kesadaran akan risiko masalah yang muncul akibat media sosial seharusnya disadari oleh semua pasangan. Memiliki akses media sosial memang merupakan hal individu yang harus dihargai. Namun, masing-masing pasangan harus sadar untuk selalu menjaga komitmen dalam hubungan. Keterbukaan antar pasangan juga harus dilakukan untuk menghindari perselingkuhan terselubung melalui media sosial.

Fenomena Cerai Karena Media Sosial, Ini yang Harus Diwaspadai
source: https://i.dailymail.co.uk/

Untuk masalah mengecek ponsel suami atau istri sebenarnya tergantung pada kesepakatan antar pasangan. Sebagian pasangan menganggap ini adalah hal yang wajar untuk menjaga keterbukaan. Namun, apabila ada pasangan yang menganggap ini sebagai pelanggaran privasi, dibutuhkan perjanjian yang lebih jelas mengenai batasan hubungan dengan lawan jenis di media sosial. Topik ini seharusnya sudah dibahas sejak awal oleh suami dan istri.

Fenomena Cerai Karena Media Sosial, Ini yang Harus Diwaspadai
source: https://hancelaw.com/

Ingat, risiko perceraian akibat dari media sosial memang umum terjadi. Itulah sebabnya, sangat penting bagi kedua pasangan untuk lebih menguatkan komitmen. Jangan sampai masalah kecil dapat memicu keinginan berselingkuh hanya karena adanya akses melalui media sosial.