Anies Baswedan mengatakan bahwa ada sekali anak-anak, khususnya dari keluarga yang secara sosial ekonomi rendah, berangkat sekolah tanpa mengonsumsi sarapan terlebih dahulu. Bahkan, angka ini dikatakan meningkat hingga lebih dari 30% anak berangkat ke sekolah tanpa sarapan. Menurutnya, asupan gizi dan nutrisi yang cukup pada anak sekolah adalah aspek penting yang akan mempengaruhi performa anak di sekolah dalam belajar.

Program Baru Pemerintah DKI, Sebagian Anak Sekolah di Jakarta Kini Dapat Sarapan Gratis
source: https://jakartanews.id/

Itulah sebabnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kini akan memfasilitasi makanan tambahan bagi anak sekolah dengan pelaksanaan program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMTAS). Program ini telah resmi ditetapkan melalui Peraturan Gubernur Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah Pada Satuan Pendidikan.

Program Baru Pemerintah DKI, Sebagian Anak Sekolah di Jakarta Kini Dapat Sarapan Gratis
source: https://wartakota.tribunnews.com/
baca juga

Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah dilakukan dengan tujuan mengoptimalkan dan meningkatkan asupan nutrisi dan gizi anak sekolah. Dengan kata lain, anak-anak sekolah akan mendapatkan makanan bergizi gratis. Kebijakan ini juga merinci ketentuan sekolah yang akan mendapatkan fasilitas ini, seperti murid Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD) Negeri, dan Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk wilayah berkategori miskin di Jakarta.

Program Baru Pemerintah DKI, Sebagian Anak Sekolah di Jakarta Kini Dapat Sarapan Gratis
source: https://www.kompas.com/

Penyediaan makanan tambahan akan dilaksanakan dari hari Senin hingga Jumat. Makanan yang akan disiapkan untuk anak-anak antara lain berupa jajanan sederhana berbahan baku pangan lokal atau hasil pertanian dalam negeri. Beberapa menu yang akan diberikan antara lain roti, sandwich isi telur, telur rebus, nagasari, jasuke, risoles isi sayuran, lemper isi ayam, martabak telur, kroket dan lain sebagainya. Selain itu, menu kue tersebut juga akan dilengkapi dengan buah-buahan seperti duku, lengkeng, apel,  jeruk, dan lain sebagainya.

Program Baru Pemerintah DKI, Sebagian Anak Sekolah di Jakarta Kini Dapat Sarapan Gratis
source: https://jakarta.tribunnews.com/

Harapannya, pelaksanaan kegiatan penyediaan makanan tambahan untuk anak-anak sekolah ini diharapkan dapat mencakup semua wilayah di Jakarta. Anies juga mengatakan bahwa program ini dilaksanakan sebagai bukti perhatian serius yang dilakukan Pemprov DKI dalam pembangunan sumber daya manusia untuk generasi muda. Pasalnya, penyediaan makanan sehat dan bergizi tinggi setiap hari bagi semua anak akan dapat memberikan kecukupan gizi yang berperan dalam peningkatakn pertumbuhan dan perkembangan anak.