Dilansir dari Haibunda, menyimpan makanan sisa sebaiknya dilakukan tidak lebih dari dua jam pada suhu kamar. Hal ini penting mengingat pertumbuhan bakteri yang mungkin sudah terjadi dalam rentang waktu tersebut dalam menjadi penyebab penyakit.

Agar Tidak Cepat Basi, Ini 9 Tips Menyimpan Makanan Sisa yang Bisa Moms Coba
source: https://www.eatright.org/

Di sisi lain, banyak pula para ibu rumah tangga yang gemar menyimpan makanan di dalam kulkas dalam waktu lama. Kebanyakan dari kita mungkin berpikir bahwa makanan yang disimpan dalam suhu dingin dapat bertahan lebih baik. Padahal, tidak selalu begitu. Ada pula beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk disimpan berlama-lama di kulkas. Bahkan, makanan tersebut bisa mengkontaminasi makanan lain yang disimpan dalam kulkas yang sama.

Agar Tidak Cepat Basi, Ini 9 Tips Menyimpan Makanan Sisa yang Bisa Moms Coba
source: https://www.winsightmedia.com/
baca juga

Nah, untuk itu, simak 9 langkah yang bisa Mommy lakukan untuk menyimpan makanan sisa agar lebih awet dan tidak cepat basi berikut ini:

1. Saat makanan sudah tidak lagi dimakan, segera simpan makanan sisa dalam kulkas untuk menghindari pertumbuhan bakteri yang dapat terjadi pada suhu ruang. Pastikan makanan tersebut tidak dibiarkan lebih dari dua jam di suhu ruang. Jika sudah lebih dari dua jam, sebaiknya makanan tersebut tidak lagi dimakan.

2. Siapkan wadah tertutup untuk menyimpan makanan sisa. Ini penting untuk mencegah kontaminasi dengan makanan lain di dalam kulkas.

3. Khusus untuk makanan sisa dari olahan ayam atau daging, pastikan Mommy menyimpannya terpisah dengan bahan makanan lainnya. 

4. Segera simpan makanan yang masih hangat ke dalam kulkas atau freezer. Namun, pastikan untuk tidak memasukkannya terlalu penuh dalam wadah. Hal ini penting untuk memberikan ruang dalam tempat makan sehingga sirkulasi dalam wadah tetap baik dalam menjaga makanan.

5. Makanan sisa yang disimpan di dalam kulkas dalam bertahan setidaknya selama tiga hingga empat hari. Jika Mommy ingin menyimpannya dalam waktu yang lebih lama, Mommy dapat menyimpan sisa makanan tersebut di dalam freezer, sebab bakteri tidak akan tumbuh dalam suhu dingin dalam freezer. Meskipun begitu, makanan beku juga tidak boleh disimpan terlalu lama untuk menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi.

6. Saat akan dikonsumsi kembali, panaskan sisa makanan dengan suhu sekitar 74° Celcius atau higga panas mengepul, dan air mendidih untuk makanan berkuah.

7. Untuk proses memanaskan sisa makanan dengan menggunakan microwave, gunakan piring yang aman dan memang dikhususkan untuk Microwave. Hindari penggunaan wadah plastik, sterofoam atau wadah penyimpanan freezer.

8. Ketika sedang memanaskan makanan sisa dengan menggunakan microwave, jangan lupa untuk membalik atau mengaduk makanan di tengah proses pemanasan.

9. Diamkan sejenak sesaat setelah microwave berhenti memanaskan makanan. Hal ini penting, sebab, pemanasan makanan sebenarnya masih berlanjut beberapa saat setelah microwave berhenti memanaskan. 

Agar Tidak Cepat Basi, Ini 9 Tips Menyimpan Makanan Sisa yang Bisa Moms Coba
source: https://www.rd.com/

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Mommy lakukan untuk menjaga makanan sisa tidak cepat basi. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!