Keputihan Normal

Apa itu keputihan normal? Keputihan yang normal selama hamil dikenal dengan sebutan leukorrhea. Ciri-ciri leukorrhea adalah teksturnya tipis, putih, milky dan berbau ringan ataupun tidak berbau sama sekali. Jika kamu mengalami ciri-ciri leukorrhea seperti ini berarti tak ada yang perlu dikhawatirkan. 
 

source: https://www.babycenter.com


Saat mengalami jenis keputihan ini ada Do's & Dont's yang perlu kamu lakukan. 

Do's: 

- Hindari penggunaan pembalut, karena malah menimbulkan kuman baru yang bisa masuk ke vagina. 
- Jangan memasukkan apapun ataupun obat ke dalam vagina, karena dapat mengganggu keseimbangan bakteri yang normal dan menyebabkan infeksi. 

Dont's: 

- Selalu gunakan celana dalam yang membuatmu merasa nyaman.
- Periksakan diri ke dokter apabila kamu menemukan adanya perubahan pada keputihan yang kamu alami.

 

baca juga

Keputihan Abnormal

Keputihan saat hamil termasuk abnormal atau tidak normal apabila keputihan yang menempel pada celana dalam berwarna hijau atau kekuningan, berbau kuat, dan disertai kemerahan atau gatal pada bagian vagina. Kalau kamu mengalami ini maka kemungkinan itu disebabkan oleh infeksi vagina. Salah satu infeksi vagina yang paling umum selama kehamilan adalah candidiasis, yang juga dikenal sebagai infeksi jamur (yeast infection). Penyebab lain dari keputihan abnormal adalah karena penyakit menular seksual (PMS). So, kamu wajib berhati-hati ya, Moms! 
 

source: http://infobaby.org


 

Bagaimana Mengatasi Keputihan Abnormal?


Sebenarnya tidak banyak hal yang bisa kamu lakukan. Namun, apabila menemukan perubahan pada keputihan normal yang selama ini kamu alami, dan mengarah pada gejala keputihan abnormal seperti penjelasan di atas, maka segera periksakan diri ke dokter ya! Jangan pernah mendiagnosis dan mengobatinya sendiri. 

Keputihan, yang disertai dengan pendarahan akan lebih cepat tertangani bila segera diperiksakan. Terutama lagi jika perdarahan berlangsung selama satu hari dan disertai dengan rasa kram di perut. 
 

source: https://www.cityofhope.org