Dilansir dari WolipopDetik, Azthry Ibrahim tidak pernah berpikir atau terbesit bahwa ia kelak akan menjadi seorang fotografer. Apalagi menjadi seorang fotografer yang mengenakan cadar, hijab syar'i yang lengkap dengan niqabnya. sebagai fotografer bercadar. Siapa sangka, selebgram bercadar yang kini memiliki pengikut lebih 43 ribu ini juga pernah mengalami beragam duka dan cobaan dari respon buruk masyarakat atas kehadirannya.

Kisah Inspiratif Selebgram Bercadar, Pernah Dilempari Batu Hingga Sukses Jadi Fotografer
source: https://www.instagram.com/thytzu/

Azthry mengaku bahwa dorongan untuk memakai niqab atau cadar dimulai dari mimpi yang dialaminya. Ia mengaku sudah bermimpi lebih dari empat kali mengenakan cadar. Bahkan, ia juga bermimpi mendirikan sebuah komunitas wanita bercadar. 

Ia pun akhirnya mencari tahu bagaimana kehidupan para muslimah yang berniqab. Salah satu yang menjadi inspirasi pertanamnya adalah Indadari. Selain Indadari, Azthry juga cukup aktif mengikuti Soraya Abdullah. Melihat kedua wanita bercadar ini, Azthry mengaku merasakan kedamaian dan ketenangan. Ia pun semakin memantapkan hatinya untuk mengenakan cadar hingga sering dimimpikan untuk mengenakan cadar.

Kisah Inspiratif Selebgram Bercadar, Pernah Dilempari Batu Hingga Sukses Jadi Fotografer
source: https://www.instagram.com/thytzu/

Baginya Indadari dan Soraya Abdullah adalah inspirasinya untuk semakin memantapkan hatinya untuk menjalankan sunnah menutup tubuh menjadi lebih sempurna. Hingga akhirnya ia mantap untuk mengenakan cadar di tahun 2014. Meskipun mendapatkan dukungan penuh dari sang suami, mertuanya ternyata sempat menentang keputusannya untuk berhijab. Ia bahkan dipaksa untuk melepas niqabnya saat menghadiri acara di rumah mertua. Namun, dengan proses yang perlahan, akhirnya mertua Azthry pun menerima keinginan menantunya untuk bercadar.

baca juga

Menurutnya, ujian saat di awal keputusannya memakai cadar terus terjadi silih berganti. Ia beberapa kali harus menjalani situasi dan kondisi yang tidak menyenangkan, khususnya dari orang-orang sekitar. Ia mengaku pernah diteriakan setan, maling, atau menjadi bahan ancaman para ibu-ibu untuk menakuti anaknya. Lebih dari itu, Azthry juga mengaku pernah dilempari batu saat memasuki tahun kedua menggunakan cadar. Meskipun begitu, ia tetap mantap untuk mempertahankan cadarnya. Baginya itu semua adalah ujian untuk perjuangannya dalam menjalankan sunnah ini.

Kisah Inspiratif Selebgram Bercadar, Pernah Dilempari Batu Hingga Sukses Jadi Fotografer
source: https://www.instagram.com/thytzu/

Ia pun menjadi terpacu untuk lebih menunjukkan bahwa wanita bercadar juga sama seperti wanita pada umumnya. Tidak hanya itu, Azthry juga semakin ingin menunjukkan bahwa dengan bercadar, seorang muslimah dapat menunjukkan perilaku yang baik, ramah, dan merangkul sesama.

Setelah bulat dengan keputusannya bercadar, Azthry pun juga memutuskan untuk resign dari pekerjaannya di sebuah bank swasta. Di tahun 2005, ia mulai menjalani hobinya di dunia fotografi yang sebenarnya sudah mulai ia geluti saat SMA. Siapa sangka, portofolio hasil jepretan Azthry ini pun banyak disukai orang hingga akhirnya ia mendapatkan banyak tawaran untuk memotret momen-momen spesial seperti misalnya pernikahan.

Kisah Inspiratif Selebgram Bercadar, Pernah Dilempari Batu Hingga Sukses Jadi Fotografer
source: https://www.instagram.com/thytzu/

Pada awalnya, beberapa klien tampak meragukan kemampuannya saat melihat ia bercadar. Namun, hasil foto jepretannya pun berbicara langsung mengenai kemampuan Azthry yang memang tidak perlu ditanyakan lagi. Ia sekarang sudah menjadikan bisnis fotografi sebagai sumber penghasilan tetapnya. Kliennya pun beragam, mulai dari yang muslim hingga yang non-muslim. 

baca juga

Bagaimana, Moms? Inspiratif bukan? Kisah Azthry seharusnya menjadi inspirasi bagi kita semua untuk tidak pernah berasumsi mengenai orang lain hanya dari penampilan. Ia juga membuktikan bahwa cadar tidak menjadi halangan baginya untuk berkarya.