Beberapa jenis complexion yang sering moms jumpai misalnya, BB cream, CC cream, foundation, atau cushion. Keempat jenis complexion ini sering dipadukan dengan beberapa riasan untuk hasil yang maksimal. Meski termasuk dalam jenis complexion, namun ternyata keempatnya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Dikutip dari Haibunda inilah penjelasan yang membuat keempat produk tersebut berbeda. 

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Perbedaan BB Cream, CC Cream, Foundation & Cushion
source: https://www.pep.ph/

1. Foundation

Foundation adalah jenis complexion yang cocok untuk riasan tahan lama. Jadi jika moms menginginkan makeup yang awet sepanjang hari, foundation adalah pilihan yang tepat. Produk ini memiliki banyak pilihan warna untuk beragam warna kulit, mulai kulit putih, hingga sawo matang. 

Foundation dirancang dengan formula yang lebih berat dibanding dengan produk complexion lainnya sehingga saat digunakan, ia dapat membuat kulit menjadi tampak lebih halus, membantu menutup noda bekas jerawat, flek, hingga menyamarkan keriput pada wajah. 

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Perbedaan BB Cream, CC Cream, Foundation & Cushion
source: https://www.oprahmag.com/
baca juga

2. BB Cream

BB cream merupakan produk kecantikan yang berasal dari Korea. Teksturnya tipis namun sudah memiliki kandungan tabir surya, pelembab, pewarna wajah, dan senyawa atau bahan untuk peremajaan kulit. Sehingga banyak dicintai para wanita karena riasan all in one yang ditawarkan. 

Beberapa BB cream dapat menjaga kulit dari sinar UV dan efek penuaan dini. Complexion jenis ini juga memiliki manfaat ekstra untuk kulit yang cenderung berjerawat. Karena ia memiliki jenis khusus bagi wajah berjerawat. 

Dari segi cakupan, level BB cream berada di antara pelembab dan alas bedak, sehingga cenderung memiliki lapisan yang lembab. Dengan pemakaian yang tipis BB cream sangat sesuai untuk makeup minimalis sehari-hari. 

Jika moms ingin menggunakan produk ini, sangat direkomendasikan untuk mengaplikasi di lima titik kunci wajah, yaitu dahi, hidung, kedua pipi, dan dagu. Bisa menggunakan ujung jari, spons basah, atau kuas. Sayangnya BB cream memiliki pemilihan warna yang sangat terbatas. Sehingga sulit untuk menemukan warna yang sesuai untuk kulit. Pilihan warna BB cream biasanya cerah, sedang, dan gelap.

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Perbedaan BB Cream, CC Cream, Foundation & Cushion
source: https://www.elle.com

2. CC Cream

CC cream memiliki kesamaan dengan BB cream, yaitu sebagai produk all in one yang berfungsi untuk membantu mengurangi kemerahan dan warna gelap pada wajah namun tetap dengan kesan natural. 

Penggunaan cc cream bisa dikombinasikan dengan skin care yang cocok dengan jenis kulit kamu. Produk ini bisa membuat kulit tampak lebih halus namun dengan cakupan yang tidak sama dengan BB cream. 

CC cream juga bisa memberi perlindungan terhadap sinar matahari dan mampu menghidrasi kulit agar tidak kering. Perbedaan utama adalah CC cream dan BB cream adalah ia dirancang untuk mengkoreksi warna kulit. CC cream dapat menjadi pilihan yang tepat untuk membuat kulit terlihat cerah dengan kesan alami. 

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Perbedaan BB Cream, CC Cream, Foundation & Cushion
source: https://www.bestproducts.com/
baca juga

4. Cushion

Cushion belakangan sedang trend dikalangan masyarakat Indonesia. Hampir semua brand di Indonesia memiliki produk cushion sendiri. Hal ini tak lepas dari pengaruh makeup artis Korea yang terkenal natural dan bercahaya. 

Cushion sendiri akan membuat wajah moms terlihat bercahaya. Ia sering digunakan sebagai sentuhan akhir setelah penggunaan produk foundation cair. Bentuk cushion sangat praktis, dengan aplikator dan spons untuk menyerap alas bedak yang kemudian diaplikasikan ke kulit wajah.

Sebelum Membeli, Ketahui Dulu Perbedaan BB Cream, CC Cream, Foundation & Cushion
source: https://glowsly.com

Nah, sudah tahu kan perbedaan keempat complexion tersebut. Jadi, jangan sampai salah ya saat membeli nanti!