Dilansir Detik, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kemarin mengatakan, proses validasi oleh K/L maupun pemerintah daerah diselesaikan Minggu malam, sehingga hari ini bisa diumumkan.

Pendaftaran CPNS 2019 Resmi Dibuka Hari Ini, Catat Alurnya!
source: https://www.dream.co.id/
"Diharapkan bisa selesai validasi malam ini (Minggu malam) dan diumumkan besok (hari ini)," kata dia kepada wartawan di Jakarta, Minggu (10/11/2019).
source: https://www.dream.co.id/

Tapi Moms, pendaftaran CPNS 2019 ini tidak dilakukan secara serentak karena masih ada instansi yang melakukan revisi formasi CPNS. Nantinya instansi tersebut akan menyusul.

"Yang belum selesai karena revisi formasi, pengumumannya akan menyusul," jelas dia.

Alur Pendaftaran CPNS 2019

Apakah Mommies sudah menyiapkan semua berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar CPNS 2019? Jika Moms sudah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan, yuk catat bagaimana alur pendaftaran CPNS 2019 seperti dilansir Today.line berikut ini:

  • Pelamar membuka portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id.
  • Pelamar membuat akun SSCN 2019 menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK) atau NIK kepala keluarga.
  • Login menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Setelah itu, unggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun.
  • Pelamar melengkapi biodata. Pastikan data yang diisikan telah benar.
  • Pelamar memilih formasi dan jabatan sesuai pendidikan. Kemudian, lengkapi data yang ada.
  • Unggah sejumlah dokumen persyaratan ke dalam portal SSCASN.
  • Cek resume dan cetak kartu pendaftaran SSCN 2019.
  • Data pendaftaran akan diverifikasi. Lalu, daftar peserta yang dinyatakan lolos atau tidak akan diumumkan.
Alur Pendaftaran CPNS 2019
source: https://www.kompas.com/

Setelah pendaftaran dibuka, verifikasi berkas digelar pada 13 November 2019. Kemudian pendaftaran ditutup pada 24 November 2019. Untuk penutupan verifikasi berakhir pada 12 Desember 2019. Setelah itu akan diumumkan hasil seleksi administrasi pada 16 Desember 2019.

Per tanggal 16-19 Desember 2019, ada yang namanya masa sanggah berkaitan dengan hasil pengumuman seleksi administrasi. Hasil sanggah akan diumumkan pada 26 Desember 2019.

baca juga

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyampaikan, instansi diberikan waktu maksimal 7 hari untuk memberikan jawaban sanggahan tersebut.

Alur Pendaftaran CPNS 2019
"Guna menghindari terjadinya ketidakpuasan dalam putusan hasil seleksi administrasi yang diterbitkan instansi, pelamar diimbau untuk mempersiapkan dokumen-dokumen dengan baik dan hanya mengunggah dokumen yang sesuai dengan persyaratan," kata Ridwan kepada Kompas.com, Rabu (30/10/2019) lalu.
source: https://today.line.me/

Nah bagaimana, Moms? Sudah siap untuk mendaftar CPNS 2019? Semoga berhasil Mommies.