Apel

Makanan pertama yang harus masuk dalam menu makan ibu menyusui adalah apel. Buah yang satu ini termasuk salah satu buah yang bisa dikonsumsi oleh Moms selama memberikan ASI eksklusif. Buah apel mengandung kalium serta asam organik yang dapat bermanfaat untuk membuat feses si kecil lebih lunak. Selain itu, mengonsumsi apel selama menyusui dapat membantu bayi mengurangi lemak jahat dan melancarkan buang air besar. 

Apel
source: https://www.alodokter.com/

Pepaya

Kalau makanan yang satu ini tentu sudah terkenal dengan anti-sembelitnya, yaitu pepaya. Buah yang satu ini mengandung nutrisi baik selama proses menyusui. Nutrisi yang dikonsumsi akan masuk ke dalam ASI dan akan diminum oleh si Kecil. Buah pepaya bisa menjadi salah satu buah yang bisa dikonsumsi Mommies saat memberikan ASI eksklusif.

Pepaya
source: https://www.alodokter.com/

Selain mengandung antioksidan dan mempercepat penyembukan luka, buah pepaya bisa dikonsumsi karena bermanfaat sebagai pelancar BAB dan mencegah sembelit. 

baca juga

Alpukat

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi saat menyusui adalah alpukat. Buah ini menjadi salah satu yang dianjurkan untuk ibu menyusui karena dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

Alpukat
source: https://sains.kompas.com/

Perlu diketahui ya, Moms. Buah alpukat memiliki serat yang tinggi yaitu sekitar 2,2 gram. Karena itu, alpukat yang masuk ke dalam ASI mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya sembelit. Moms bisa mengonsumsinya dengan cara dimakan langsung, diolah menjadi jus atau makanan lain.

Bayam

Selain kaya akan zat besi, Moms bisa mengonsumsi bayam agar si kecil tidak sembelit lho, Moms. Bayam bisa diolah menjadi berbagai menu makanan di rumah demi membantu nutrisi ASI menjadi berkualitas. Moms perlu mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam secara rutin setiap harinya. Bayam dianggap sebagai camilan yang sehat karena kandungan seratnya, sehingga membantu BAB si Kecil menjadi lebih lancar tanpa mengalami sembelit.

Bayam
source: https://doktersehat.com/
baca juga

Telur

Siapa yang menyangka kalau dengan mengonsumsi telur dapat menghindarkan si kecil dari sembelit? Telur termasuk makanan yang kaya akan protein. Perlu Moms ketahui, ya, jenis bahan makanan yang mengandung protein sangat baik untuk kualitas ASI, apalagi saat nutrisinya sampai ke tubuh si Kecil. Mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi dapat memberikan manfaat untuk bayi, salah satunya melancarkan pencernaan lebih baik. 

Telur
source: https://batam.tribunnews.com/

Nah itu tadi Moms, beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui agar si kecil terhindar dari sembelit. Enak dan mudah didapat kan, Moms. Tunggu apa lagi, Moms? Yuk, masukkan makanan-makanan tersebut ke dalam menu sehari-hari Mommies.