1. Sedang Sakit

Kondisi kesehatan bayi yang kurang baik dapat menyebabkan si kecil lemas dan sulit untuk menghisap ASI dari puting atau susu dari botolnya. Karena itu susu yang didapatnya sedikit sehingga membuat si kecil lelah, dan mengakibatkan dia tidak mau minum susu.

source: https://family.fimela.com/bayi-balita/tumbuh-kembang/saat-bayi-sakit-perlukah-berikan-obat-antibiotik-1609196.html


 

baca juga

2. Sariawan

Luka di mulut akibat sariawan bisa membuat di kecil tidak mau meminum susunya. Coba periksa bagian mulutnya untuk memastikan kesehatan gusi dan dinding mulutnya, segeralah obati jika ditemukan ada sariawan.

source: http://www.kesehatanmulut.com/penyebab-gejala-dan-cara-mengobati-sariawan-pada-bayi/


 

3. Infeksi Telinga

Salah satu gejala si kecil menhalami infeksi telinga adalah menonak minum susu. Tapi kamu tidak perlu terlalu cemas, sakit ini umum terjadi pada bayi umur 6 bulan hingga 2 tahun karena sistem imunnya yang masih lemah.

source: http://bidanku.com/ciri-infeksi-telinga-pada-bayi


 

baca juga

4. Suasana Lingkungan Sekitar yang Kurang Nyaman

Mungkin saat kamu menyusuinya, banyak gangguan dari sekitar seperti suara bising, suhu udara yang terlalu tinggi atau rendah. Si kecil juga dapat merasakaan ganggguan itu, karena bayi yang baru lahir masih sangat sensitif. Jadi sebaiknya kamu menyusi si kecil mennyusu di tempat yang tenang.

source: http://perawatanbayi.com/posisi-menyusui-bayi-baik-dan-nyaman


 

5. Posisi Menyusui Berubah

Bayi cenderung menyukai satu posisi menyusu yang dia rasa paling nyaman. Jika ibu tiba-tiba mengubah posisi saat menyusui dan si kecil merasa tidak nyaman, maka dia akan menunjukkan protes dengan mogok minum susu.

source: https://jualpembesarpayudara.top/blog/cara-merawat-payudara-selama-kehamilan-agar-asi-lancar/


 

6. Puting yang Berukuran Kecil

Saat lapar, si kecil ingin cepat-cepat menghisap susunya, tapi jika puting ibu terlalu kecil, itu akan menyulitkan si kecil. Kamu bisa menggunakan puting silikon untuk membantu si kecil menghisap susu lebih banyak.

source: https://www.sciencenews.org/blog/growth-curve/backwash-nursing-babies-may-trigger-infection-fighters


 

7. Sudah Tidak Begitu Doyan Susu

Ini kabar baik untuk kamu lho, karena penyebab bayi tidak mau minum susu yang terakhir adalah tanda bahwa si kecil sudah semakin tumbuh besar. Pada waktunya, bayi akan lebih menyukai makanan pendamping. Tapi tidak usah khawatir dengan nutrisinya, karena susu bukan makanan wajib untuk bayi di atas 6 bulan, kamu bisa memberinya makanan pengganti lain, sambil pelan-pelan membujuknya untuk meminum susu lagi.

source: https://id.theasianparent.com/ketika-bayi-anda-mogok-minum-susu/