Sudah menjadi rahasia umum bahwa kelezatan kuliner nusantara dipengaruhi bumbunya. Lengkuas, jahe dan kunyit menjadi tanaman umbi yang wajib ada di beberapa menu olahan daging dan tumisan. memiliki aroma yang khas nyatanya lengkuas memiliki manfaat besar bukan hanya sebatas penyedap masakan. Moms pun bisa memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan kulit. Lebih lengkapnya simak yang berikut ini, terkait manfaat lengkuas untuk kesehatan kulit.

Kulit Jadi Lebih Awet Muda

Antioksidan menjadi rahasia untuk menghambat proses penuaan. Dan tahukah moms, kandungan tersebut banyak ditemukan pada lengkuas. Memiliki 40 jenis antioksidan, lengkuas dipercaya dapat menghambat proses penuaan pada kulit. Antiokasidan pada lengkuas baik untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh yang berdampak pada melambatnya penuaan.

Selain itu, kandungan vitamin C pada lengkuas juga berperan untuk melakukan peremajaan sel pada pada kulit, sehingga kulit moms tampak lebih muda alami. Tak heran ya moms jika kini industri kosmetik mulai menggunakan ekstrak lengkuas untuk menjadikan skincare anti penuaan.

Kulit Jadi Lebih Awet Muda
baca juga

Hilangkan Jerawat

Lupakan semua obat jerawat moms, mulai sekarang beralihlah ke yang alami. Moms bisa mengandalkan lengkuas untuk mewujudukan kulit bebas jerawat. Penggunaan lengkuas juga dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Kulit pun terlihat lebih mulus dan cerah. Moms bisa memetik manfaat tersebut dengan cara mengonsumsi jus lengkuas ataupun menggosokkan lengkuas pada kulit berjerawat.

Hilangkan Jerawat

Obati Kulit Akibat Alergi dan Luka Bakar

Lengkuas bisa menjadi obat mujarab dari gatal-gatal pada kulit akibat makanan yang moms konsumsi menimbulkan alergi. Moms bisa meminum air rebusan lengkuas hingga rasa gatal menghilang. Tanaman jenis akar ini juga efektif hilangkan penyakit kulit yang mengganggu seperti panu dan eksim.

Hilangkan penyakit kulit tersebut dengan cara mengosokkan pada area luka. Cara yang sama juga bisa dilakukan untuk mengobati luka bakar. Zat terkandung dalam lengkuas efektif hilangkan rasa sakit pada luka sekaligus menyembuhkan.Untuk hasil maksimal lakukan 2-3 kali sehari selama 6-12 minggu ke depan.

Obati Kulit Akibat Alergi dan Luka Bakar
baca juga

Membuat Kulit Lebih Sehat

Toksin dalam tubuh sering kali menjadi penyebab tubuh Anda tidak sehat. Biasanya toksin yang menumouk akan berusaha keluar dari kulit. Sehingga menimbulkan berbagai masalah kulit seperti jerawat, furunkel dan lain-lain. Namun moms tak perlu khawatir karena lengkuas bisa untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu kulit dapat menyerap nutrisi lebih banyak sehingga lebih sehat.

Membuat Kulit Lebih Sehat

Namun ada juga beberapa orang yang tak bisa menggunakan lengkuas sebagai perawatan kulit karena sejumlah efek samping yang ditimbulkan. Beberapa di antaranya yaitu:

• Jika moms tengah hamil dan menyusui hindari mengonsumsi lengkuas. 
• Tanaman akar ini bisa jadi sumber racun. Segera berhenti mengonsumsi ramuan lengkuas setelah muncul gejala, muntah, pusing dan sakit usus. Lanjutkan dengan memeriksakan diri ke dokter
• Hindari menambahkan garam pada teh lengkuas. Garam hanya akan menimbulkan asam lambung. Hindari ramuan ini jika moms memiliki magh ataupun GERD.