1. Utamakan Asupan Protein

Tips Diet, Coba 5 Langkah Menyusun Menu Makan Siang Sehat dan Bergizi
source: https://ifoodreal.com/

Pahami bahwa tubuhmu membutuhkan protein yang cukup untuk bahan bakar energi, bukan karbohidrat. Perbanyaklah asupan protein di siang hari, Mommy dapat memilih dada ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan keju. Asupan-asupan ini akan memberikan tubuh kecukupan nutrisi untuk energi, membangun otot, dan pastinya membuat tubuh lebih kenyang.


2. Lengkapi dengan Asupan Serat

Tips Diet, Coba 5 Langkah Menyusun Menu Makan Siang Sehat dan Bergizi
source: https://www.brit.co/

Tambahan bahan makanan yang kaya serat juga tidak boleh disepelekan untuk menu makan siang harianmu. Serat sangatlah penting untuk membantu tubuh mencerna makanan lebih baik. Selain itu, memakan cukup banyak serat akan membantumu kenyang lebih lama. Jadi, tidak perlu khawatir lapar di sore hari yang mendorong untuk jajan makanan kurang sehat. Selain itu, memakan sayur-sayuran atau buah segar juga akan membuat mulut lebih fresh di siang hari.

baca juga


3. Jangan Asal Memilih Karbohidrat

Tips Diet, Coba 5 Langkah Menyusun Menu Makan Siang Sehat dan Bergizi
source: https://cookieandkate.com/

Banyak orang Indonesia mengira bahwa nasi putih yang banyak akan membuat tubuh menjadi kenyang lebih lama. Sayangnya, itu semua salah besar. Makan nasi putih berlebihan malah dapat membuatmu lebih cepat lapar. Apalagi mengingat kandungan gulanya yang berdampak serius pada kadar gula dalam darah. Jadi, cobalah alternatif sumber karbohidrat yang lebih sehat seperti kentang, quinoa, nasi merah, dan roti gandum.


4. Pebanyak Air Putih

Tips Diet, Coba 5 Langkah Menyusun Menu Makan Siang Sehat dan Bergizi
source: https://www.bbcgoodfood.com/

Tidak perlu repot memikirkan menu minuman yang menyegarkan dengan penuh rasa dan warna. Cukup dengan air putih untuk mengisi kebutuhan cairan tubuh harianmu. Air putih yang cukup sangat penting untuk menjaga tubuh tetap segar dan sehat. Tentu sangat berbeda dengan asupan minuman manis seperti teh manis, kopi, jus, dan beragam pilihan minuman lain dengan tambahan gula.

baca juga


5. Buah sebagai Dessert

Tips Diet, Coba 5 Langkah Menyusun Menu Makan Siang Sehat dan Bergizi
source: https://cafedelites.com/

Jika Mommy terbiasa dengan menutup makan siang dengan dessert, hindari asupan makanan penutup berupa kue manis-manisan yang akan menambah dan melipatgandakan asupan gula harianmu. Cobalah untuk menggantinya dengan buah-buahan yang lebih sehat dan pastinya bernutrisi bagi tubuh.

Mudah dan sederhana, bukan? Selamat mencoba menu makan siang yang lebih sehat dan bergizi, Moms!