Bagi kebanyakan orang, penampilan mie ayam dan mie yamin terlihat sangat mirip, bahkan banyak pula yang tidak bisa membedakan dua jenis olahan mie ini. Meski sama-sama memiliki banyak penggemar, cita rasa yang gurih, serta mudah ditemui, moms jangan pernah mengaku sebagai penggemar mie sejati jika belum bisa membedakan antara mie ayam dan mie yamin.

Berikut beberapa perbedaan antara mie ayam dan mie yamin yang dilansir dari DetikFood:

Tekstur Mie

Mie yang digunakan dalam mie ayam sebenarnya bisa berbentuk apa saja, bisa mie kecil maupun besar, tergantung dari keinginan penjual. Meski begitu, tekstur mie dalam mie ayam dijaga agar tetap kenyal dan berwarna kuning pucat. Sedangkan untuk mie yamin, mie yang digunakan adalah jenis mie yang tipis dan tidak terlalu kenyal.

Tekstur Mie
baca juga

Cara Penyajian

Dalam penyajiannya, mie ayam dan mie yamin tidak memiliki perbedaan. Keduanya disajikan bersama ayam bumbu kecap, cincangan daun bawang, serta rebusan sawi. Bedanya, kuah untuk mie yamin disajikan dalam mangkuk kecil terpisah, sedangkan kuah mie ayam dicampur langsung bersama dengan mie dan bahan pelengkapnya.

Cara Penyajian

Cita Rasa

Untuk mie ayam, cita rasa yang ditawarkan tentu saja sedap dan gurih. Mie ayam juga cocok untuk dinikmati pedas dengan menambahkan sambal dan saus. Sensasi mie ayam pedas juga banyak digemari hingga muncul beragam olahan mie ayam super pedas. Sedangkan mie yamin lebih cocok dinikmati untuk pecinta kuliner yang kurang menyukai pedas. Pada bumbu mie yamin telah diberi campuran kecap manis sehingga mie yamin cenderung memiliki warna cokelat yang cukup pekat. Mie yamin juga menawarkan beberapa sentuhan cita rasa seperti original, gurih, dan manis. 

Cita Rasa