Moms seiring pertumbuhan si kecil banyak hal yang membuatnya takut. Namun Moms tak perlu khawatir karena hal ini terbilang normal. Berdasarkan keterangan dari Elianna Platt, seorang pekerja sosial di Child Mind Institute, New York, AS, perasaan takut pada anak bahkan menjadi salah satu ciri bahwa anak dalam keadaan sehat. Secara naluri sebagai orang tua tentu ingin menghibur dan menenangkan ketika rasa takut muncul pada diri sang anak. Namun  pada realitasnya hal tersebut tak selalu mudah dilakukan.

"Kami ingin memberi anak-anak kesempatan untuk berlatih melewati situasi sulit, tetapi bagi banyak orang tua itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan," kata Platt seperti dilansir dari Haibunda.

Moms, Bantu Anak Atasi Rasa Takutnya dengan Kata-kata Bijak Ini

Ketakutan tak bisa hilang dengan sendirinya dari pikiran buah hati Anda. Menurut psikolog klinis, Dr.Rachel Busman menemani dan membantu mengatasi ketakutan tersebut menjadi tugas orang tua. Moms dan ayah pun bisa memulai dengan langkah sederhana, yakni dengan mengungkapkan apa yang mereka takuti.

"Bantu anak berbicara tentang apa yang menakutkannya. Anak-anak mungkin tahu apa yang mereka takuti, tetapi mereka tidak selalu bisa menjelaskan. Beri dorongan, bersabar, beri mereka pujian atau kata-kata bijak, terangnya.

Banyak kata-kata bijak yang moms ucapkan kepada sang buah hati saat merasa takut seperti kalimat berikut ini:

1. "Bunda yakin, kamu anak yang pemberani."
2. "Bunda janji untuk membuatmu tetap aman, itu kan tugas Bunda."
3. "Apa yang bisa Bunda bantu untuk membuat kamu merasa aman, enggak takut?"
4. "Tenang, tarik dan buang napas dulu, yuk!"
5. "Ayo kita cari bersama sumbernya (ketakutan)."
6. "Kedengarannya bikin takut, cerita lagi dong sama Bunda."
7. "Benar juga kamu, ruang gelap kadang bikin takut."
8. "Sini peluk Bunda!"
9. "Bunda bisa dengar semuanya."
10. "Bunda tahu kamu takut, it's okay."