Dilansir dari HaiBunda, Menteri Kesehatan India, Dr. Harshvardhan menyarankan warga India untuk mengonsumsi brokoli dan wortel dalam jumlah banyak. Hal ini dikarenakan brokoli dan wortel dapat meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi pembentukan radikal bebas. Dengan meningkatnya antioksidan dalam tubuh, dapat menangkal radikal bebas dari polusi udara. Menurut Dr. Harshvardhan, kota-kota di India sudah tercemar polusi udara.
Tinggi Antioksidan, Brokoli Ampuh Melawan Efek Buruk Polusi Udara
source: http://www.nationalgeographic.grid.id

Mengutip dari Indian Express, Dr. Harshvardhan menuliskan, "Stres oksidatif yang dipicu berbagai polutan berdampak negatif serius terhadap kesehatan manusia. Satu tindakan positif yakni memasukkan bahan makanan yang tinggi kandungan antioksidan agar menetralkannya."

Salah satu cara mencegah stress oksidatif menurut Dr. Harshvardhan adalah dengan mengonsumsi bahan makanan yang kaya antioksidan, seperti wortel, kubis, bayam, paprika dan brokoli. "Bahan makanan itu tinggi serat, karotenoid, vitamin C dan E, fenolik seperti p-asam coumaric, chlorogenic, dan caffeic. Makanan yang mengandung senyawa fenolik bisa mengurangi risiko penyakit pembuluh darah," ungkapnya.

Tinggi Antioksidan, Brokoli Ampuh Melawan Efek Buruk Polusi Udara
source: http://www.homemadenugget.wordpress.com
baca juga

Brokoli mengandung banyak nutrisi baik di dalamnya. Sayuran ini mengandung banyak serat yang bagus untuk pencernaan. Selain dapat membantu membersihkan sistem pencernaan, brokoli juga berperan aktif melawan racun dalam tubuh, menghilangkan limbah dan karsinogen yang mungkin terserap dalam tubuh.

Tinggi Antioksidan, Brokoli Ampuh Melawan Efek Buruk Polusi Udara
source: http://www.istockphoto.com

Brokoli juga kaya akan antioksidan. Kandungan yang terdapat di brokoli antara lain vitamin A, beta-karoten, vitamin B kompleks, asam folat dan mineral lain. Zat-zat ini dapat membantu melawan peradangan, mengurangi risiko gangguang kesehatan kronis dan juga memperkuat membran sel. Selain itu, manfaat yang didapat bila mengonsumsi brokoli secara rutin ialah dapat menjaga kadar gula darah, mengurangi risiko penyakit degeneratif dan menjaga kesehatan usus.

Tinggi Antioksidan, Brokoli Ampuh Melawan Efek Buruk Polusi Udara
source: http://www.gettyimages.com
baca juga

Kehebatan brokoli tidak sampai di sini saja. Salah seorang peneliti di Tiongkok menemukan kecambah brokoli dapat membantu dalam memerangi dan menghilangkan racun polutan udara dari akarnya. Bila seseorang mengonsumsi brokoli, phytochemical di dalamnya, yang disebut glucoraphanin, memulai reaksi kimia untuk memecah senyawa benzene yang berbahaya dan mengeluarkannya sebelum terjadi kerusakan pada sel.

Tinggi Antioksidan, Brokoli Ampuh Melawan Efek Buruk Polusi Udara
source: http://www.jussehat.com

Studi lain membuktikan, brokoli dapat membuang racun dari polusi dan asap rokok. Oleh sebab itu, jus brokoli acapkali digunakan untuk mendetoksifikasi tubuh. Beberapa sayuran juga dicampurkan untuk menambah manfaat mengonsumsi brokoli. Tidak harus berupa sayur, brokoli dapat diolah menjadi jus ataupun smoothies.

Nah, itu dia, Moms, manfaat brokoli. Hebat juga ya, sayuran hijau ini! Brokoli memang terkenal dapat mengeluarkan racun dalam tubuh bila dikonsumsi rutin. Yuk, makan brokoli!