Peran ayah telah menjadi isu penting dalam pendidikan keluarga. Hal ini mengingat peran strategis ayah yang tidak kalah penting dalam pendidikan anak di samping ibu.

Seperti dilansir Kompas, survei tentang Kualitas Pengasuhan Anak Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2015 menyampaikan baru sekitar 1 dari 3 laki-laki yang mencari informasi merawat dan mengasuh anak sebelum maupun sesudah menikah.

Dari data yang sama, 1 dari 2 ayah mendampingi istri saat menjalani pemeriksaan kehamilan. Hal ini terus berlanjut dalam pengasuhan anak. Tercatat, ayah yang terlibat dalam proses pengasuhan anak secara langsung baru mencapai angka 27,9 persen.

Hari Ayah Nasional, Peran Apa Saja yang Membuat Ayah Jadi Pahlawan Keluarga?
source: https://hellosehat.com/

Nah untuk itu, perlu diketahui Moms seperti apa idealnya Dads menjalankan peran dalam pendidikan keluarga? Berikut tiga peran yang bisa Dads lakukan agar menjadi pahlawan keluarga.

Bertanggung Jawab
Sebagai perawatan dan penjaminan kesejahteraan keluarga, Dads harus dapat menyediakan sandang, pangan dan tempat tinggal dengan lingkungan yang aman, nyaman bagi keluarga, termasuk akses ke tempat pengobatan jika ada salah satu anggota keluarga yang sakit. Secara umum, peran sebagai penanggung jawab inilah yang dilihat sebagai peran utama ayah selama ini, yaitu mencari nafkah.

Terlibat Mengasuh Anak
Dalam mengasuh anak, dibutuhkan orangtua yang bisa bekerjasama dalam hal pengasuhan. Dads dan Moms harus bersama-sama merawat, bermain, mengobrol, dan melakukan aktivitas bersama anak. Hal ini akan menjadi menjadi pengalaman dan contoh penting untuk anak.

Dengan Dads terlibat langsung mengasuh anak, maka anak akan memiliki pengalaman berharga dan rujukan bagaimana berperilaku ketika dewasa, baik sebelum atau sesudah menjadi orangtua.

Hari Ayah Nasional, Peran Apa Saja yang Membuat Ayah Jadi Pahlawan Keluarga?
source: https://www.liputan6.com/

Kehadiran Ayah
Kehadiran ayah secara fisik dan psikologis penting untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak. Kehadiran ayah dalam pengasuhan bisa diterjemahkan dengan mengambil rapot anak, berkomunikasi dengan pihak sekolah, serta mengenali dan dekat dengan sahabat anak.

Kehadiran ayah dalam kehidupan anak sangat bermakna, terutama dalam memperlancar komunikasi ayah dan anak. Anak yang sering berkomunikasi secara efektif dengan ayah dan ibunya, cenderung jarang memiliki masalah serius.

Ayah yang hadir secara fisik untuk anak-anaknya, cenderung secara psikologis juga hadir misal menghargai capaian atau keberhasilan anak dalam bidang tertentu, memujinya, dan memberi masukan apa-apa yang mesti dikembangkan terus.

Nah, jika Dads memenuhi 3 peran yang tadi sudah disebutkan, maka anak dalam perkembangannya akan terbentuk 3 sikap tadi, yaitu tanggung jawab, pelibatan,  kehadiran dari sosok ayah. Anak juga akan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan demikian anak akan mudah memenuhi tugas sekolahnya, dan berani melakukan hal-hal positif. Selain itu, anak juga menjadi merasa puas karena kebahagiaan yang dirasa terbentuk dari keterlibatan orangtuanya.

Wah ternyata penting sekali ya Moms peran ayah untuk perkembangan anak-anaknya. Kalau Dads dirumah apa juga sudah ikut melibatkan diri dalam pengasuhan?