Menurut Shereen Lehman, Ms, seorang ahli gizi, buah dan sayuran yang ditaman secara organik maupun konvensional memiliki risiko terkontaminasi dengan bakteri. Ia menambahkan, "Banyak orang membeli produk organik dengan harapan menurunkan risiko bahan kimia berbahaya meskipun harganya cenderung mahal," kata Lehman, dilansir Very Well Fit melalui HaiBunda.

Pernyataan tersebut didukung oleh ahli gizi, Karina Heinrich, menurutnya buah dan sayur haruslah dicuci terlebih dahulu. Mencuci, membilas maupun menggosok buah dan sayur adalah untuk melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit.

"Tujuan mencuci buah dan sayur dengan bersih ialah mengurangi bakteri dan mencegah penyakit yang disebabkan bakteri E.Coli," ujar Heinrich, dikutip dari Huffpost. Bahkan menurut Food and Drug Administration, 48 juta orang setiap tahun jatuh sakit akibat makanan yang terkontaminasi.
4 Tips Mencuci Buah dan Sayuran yang Benar Sebelum Dikonsumsi
source: http://www.foodnavigator.com

Cara Mencuci Buah dan Sayur

1. Cuci buah dan sayur sebelum dimasak
Waktu yang tepat untuk mencuci buah dan sayur adalah sebelum buah dan sayur tersebut diolah atau dimasak. "Kita juga harus menghindari mencuci lalu menyimpan buah dan sayur dalam kondisi basah. Ini justru menciptakan habitat untuk bakteri tumbuh. Terlalu banyak uap air bisa menyebabkan buah dan sayuran mudah busuk," kata Heinrich.

Jadi, aturan pertama adalah mencuci buah dan sayur tepat sebelum dimasak atau diolah. Bukan saat setelah membeli buah dan sayur, lalu kemudian dicuci dan disimpan. Setelah Moms membeli sayur dan buah, cukup bersihkan bila terdapat kotoran, dan simpan dalam keadaan kering.

Cara Mencuci Buah dan Sayur
source: http://www.ecoorganics.co.za
baca juga
2. Cuci di air mengalir
Sebaiknya buah dan sayuran yang hendak dimasak, dicuci terlebih dahulu di bawah air mengalir. Hal ini bertujuan agar kotoran yang terdapat di dalam sayuran dan buah dapat terangkat dan larut bersama air. Hindari menggunakan air tampungan, hal ini dikarenakan adanya kemungkinan bakteri atau kotoran yang mengendap di dalam air. Pastikan mencuci buah dan sayur dengan air mengalir yang bersih.
Cara Mencuci Buah dan Sayur
source: http://www.newsnetwork.mayoclinic.org

3. Gunakan tools pembersih
Untuk mengoptimalkan kebersihan sayuran dan buah, Moms bisa menggunakan sikat khusus pembersih buah dan sayur yang kulitnya tebal. Cukup sikat perlahan-lahan, hingga sekiranya sayuran atau buah tersebut sudah bersih. Jangan lupa untuk membuang daun bagian luar sayuran seperti kol dan selada sebelum dicuci. Karena daun bagian luar sayur berinteraksi langsung dengan udara luar dan dapat terkontaminasi dengan bakteri dan kotoran.

Cara Mencuci Buah dan Sayur
source: http://www.pinterest.com
baca juga
4. Tambahkan baking soda
Moms bisa menambahkan baking soda ke dalam air cucian untuk menghilangkan pestisida yang terdapat di sayuran atau buah. Menurut Heinrich, cara ini cukup mudah, "Campurkan air dingin dengan 4 sendok makan baking soda lalu rendam buah atau sayur sekitar lima menit. Kemudian, bilas dengan air dingin dan keringkan. Untuk sayuran yang mudah hancur, perlu dibersihkan beberapa kali dan pastikan mencuci dengan air baking soda dengan cepat," ungkap Heinrich.
Cara Mencuci Buah dan Sayur
source: http://www.zerowastechef.com

Nah, itu dia, cara mencuci buah dan sayuran yang benar dan tepat, Moms! Tidak susah kan? Walau terkesan sepele, ternyata kebersihan sayur dan buah penting, loh! Jangan lupa mencuci buah dan sayur dulu, ya, sebelum dikonsumsi!