Kisah gadis ini viral di facebook setelah diunggah oleh akun Che Nithiya. Gadis yang tidak disebutkan namanya ini melamar pekerjaan sebagai sekretaris pribadi. Namun, perusahaan yang dilamarnya mengajukan syarat yang tak lazim yakni si gadis harus rela "dipegang" oleh atasannya.

Pemilik akun Che Nithiya ini mengatakan bahwa pengalaman mengerikan temannya itu dialami ketika melamar pekerjaan di Kuala Lumpur, Malaysia. Gaji yang ditawarkan cukup menggiurkan yakni sebesar antara 5-7 ribu Ringgit (sekitar Rp16-23 juta) perbulan. Ditambah lagi tunjangan 5 ratu Ringgit (hampir Rp1,7 juta).

Melamar Kerja Tapi Harus Rela 'Dipegang' Bos, Kisah Gadis Ini Viral di Medsos
source: https://surabaya.tribunnews.com/

Si pelamar pun sudah mendapat email dari tempatnya melamar yang menanyakan persetujuannya untuk menjadi sekretaris pribadi. Namun, setelah email tersebut dibaca, ada syarat yang kurang menyenangkan. Email tersebut menyatakan bahwa si bos adalah orang yang kadang "tak bisa menjaga tangannya" saat bekerja. Jadi jika si pelamar menerima pekerjaan tersebut harus bersedia 'dipegang-pegang' oleh atasannya.

Wah Moms, cukup mengerikan ya syaratnya. Sebaiknya kita berhati-hati Moms sebelum melamar sebuah pekerjaan.

Tips Menghadapi Pelecehan Seksual di Kantor

Jika Moms mengalami kejadian seperti gadis yang melamar pekerjaan tadi, apa yang akan Moms lakukan? Pelecehan seksual memang bisa terjadi dimana saja, termasuk di kantor saat bekerja. Nah untuk menghindari hal tersebut, coba lakukan tips menghadapi pelecehan seksual di kantor berikut ini:

  • Mengatakan "tidak" dengan tegas, langkah pertama yang harus Moms lakukan saat menghadapi pelecehan seksual di kantor adalah berani mengatakan tidak. Tolak semua ajakan dan rayuan dengan tegas agar ia memahami bahwa Moms merasa terintimidasi oleh perilakunya.
  • Melaporkan kepada rekan kerja, segeralah melapor kepada atasan atau siapa pun yang memiliki kuasa untuk menghentikan perbuatan pelaku. Cara terbaik untuk melapor adalah melalui surat. Sampaikan dengan rinci dan jangan lupa menyimpan salinan surat untuk diri Anda sebagai bukti.
  • Menjaga hasil kerja, pelaku pelecehan seksual di kantor mungkin akan melindungi diri dengan merecoki hasil kerja Moms. Itu sebabnya jagalah semua salinan pekerjaan, evaluasi, serta dokumen penting yang berkaitan dengan pekerjaan Mommis untuk menghindari hal ini.
Tips Menghadapi Pelecehan Seksual di Kantor
source: https://hellosehat.com/
  • Mencari bantuan rekan kerja, carilah orang yang bisa dipercaya untuk menceritakan detail terjadinya pelecehan. Peran rekan kerja sangat penting karena mereka dapat membantu sebagai saksi.
  • Memantau tindak lanjut laporan, setelah melaporkan pelecehan yang Moms alami. Sebaiknya pantau terus perkembangan laporan Mommies. Karena ada tiga kemungkinan dari laporan Mommies, yaitu perusahaan tidak menanggapi laporan, perusahaan menanggapi, tapi tidak bicara pada pelaku, dan Kasus pelecehan selesai, tapi Anda tetap harus bekerja dengan pelaku.
Bagaimana, Moms? Jangan sungkan untuk bertindak setegas mungkin ya, Moms. Karena hanya diri Moms sendiri yang bisa melindungi diri dari pelecehan tersebut.