Tahukah kamu bahwa ASI pertama yang Moms produksi setelah melahirkan akan berwarna kekuningan, kental dan pekat (disebut kolostrum)? Setelah dua hingga lima hari berlalu, kamu akan memproduksi ASI yang lebih banyak, dengan warna cenderung lebih putih. Kamu pun bisa memenuhi kebutuhan bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama.

ASI eksklusif sendiri dibutuhkan bayi bukan hanya sekadar sebagai makanan utama, tapi juga sebagai pelindung bagi bayi yang masih rentan terhadap penyakit. Zat pembentuk kekebalan tubuh dari ASI yang mengandung antibody memainkan peran penting terhadap kesehatan bayi.

Tidak bisa memproduksi cukup ASI untuk bayi memang mengkhawatirkan. Namun demikian, bukan berarti kamu perlu khawatir berkepanjangan, lho.

Ada nih tips melancarkan ASI yang bisa kamu coba. Beautynesia juga sudah rangkum informasi seputar penyebab ASI sedikit dan tidak lancar. Simak yuk informasi lengkapnya di bawah ini sekarang!

Apa Saja Penyebab ASI Sedikit dan Tidak Lancar?

Apa Saja Penyebab ASI Sedikit dan Tidak Lancar?

Kenapa sih ASI-mu keluarnya sedikit dan tidak lancar? Bukankah normalnya ASI lancar setelah melahirkan? Tentu saja, kamu pasti punya banyak pertanyaan tentang ini.

Sebagai jawaban, perlu kamu ketahui bahwa hal ini bisa disebabkan oleh kesalahan dalam teknik menyusui. Selain itu, juga bisa disebabkan oleh faktor fisik dan psikologi ibu, kondisi bayi, asupan nutrisi ibu, sebuah efek samping obat-obat tertentu, hingga faktor lifestyle yang tidak baik.

Beberapa penyebab ASI sedikit dan tidak lancar karena kesalahan cara menyusui di antaranya adalah:

  • Pelekatan bayi pada payudara yang tidak sempurna. Kondisi ini membuat bayi tidak bisa menyusu dengan baik dan membuat jumlah ASI yang keluar jadi lebih sedikit. Perlu Moms ketahui, keluarnya ASI adalah cara terbaik menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak ASI. Jadi, sedikitnya jumlah ASI yang keluar secara otomatis menurunkan rangsangan tubuh dalam memproduksi ASI.
  • Berkurangnya frekuensi dan waktu menyusui. Jarang menyusui bayi dan membatasi waktu pemberian ASI bisa membuat produksi ASI menjadi lebih sedikit daripada seharusnya.
  • Pemberian susu formula dan penggunaan dot pada bayi. Hal ini akan mengurangi stimulasi menyusui sehingga berpengaruh terhadap berkurang dan tidak lancarnya produksi ASI.
baca juga

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kamu sudah tahu penyebab ASI sedikit dan tidak lancar, sekarang saatnya kamu mengetahui cara mengatasinya. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, di antaranya:

  • Perbaiki posisi menyusui. Agar posisi menyusui sempurna, kamu bisa meminta bantuan bidan atau dokter konsultan laktasi.
  • Lebih sering menyusui bayi. Ingat ya, semakin sering kamu menyusui bayi, semakin banyak pula jumlah ASI yang bisa diproduksi. Setiap bayi memang memiliki kebutuhan ASI yang berbeda, tapi biasanya bayi baru lahir perlu menyusu 8 hingga 12 kali atau lebih dalam 1 hari (atau 2 hingga 3 jam sekali).
  • Cukupi asupan nutrisi. Tidak hanya waktu dan frekuensi menyusui yang baik yang perlu kamu terapkan, tapi juga pemenuhan terhadap asupan nutrisi tubuh sebagai ibu menyusui. Pastikan kamu cukup minum air putih dan memperbanyak asupan kalori.
  • Stimulasi produksi ASI. Caranya dengan memompa ASI.

Produk Apa yang Aman Digunakan untuk Melancarkan ASI?

Produk Apa yang Aman Digunakan untuk Melancarkan ASI?

Selain beberapa cara yang disebutkan di atas, kamu juga bisa melancarkan ASI dengan menggunakan produk yang aman, salah satunya SUPRASI dari Sido Muncul. SUPRASI mengandung komposisi yang dibutuhkan untuk melancarkan ASI. Tiap kapsul SUPRASI mengandung 300 mg ekstrak daun katuk. Diperkaya dengan vitamin B12 yang berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah sehingga ibu menyusui tetap sehat dan bugar.

baca juga
Produk Apa yang Aman Digunakan untuk Melancarkan ASI?
source: https://beautynesia.id/

SUPRASI efektif melancarkan ASI karena menggunakan daun katuk yang mengandung steroid dan polifenol yang dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon pelancar ASI. Daun katuk juga menyimpan banyak nutrisi penting seperti vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, zat besi, protein, karbohidrat. Produk yang aman untuk melancarkan ASI ini juga punya banyak kelebihan, di antaranya:

  • Mengandung ekstrak daun katuk 300 mg (lebih tinggi dibandingkan produk pelancar ASI lain)
  • Diperkaya vitamin B12
  • Berstandar GMP/CPOTB
  • Bersertifikat Halal MUI
  • Menggunakan vegetable capsule

Yuk, berikan ASI terbaik bagi bayi dan buat ASI lebih lancar dengan ikuti cara di atas. Jangan ragu pula untuk konsumsi SUPRASI yang aman untuk ibu menyusui, ya. Kamu bisa mendapatkannya di Guardian, Watsons, Boston dan e-commerce www.sidomunculstore.com. Semoga bermanfaat!