Tujuh aplikasi jahat diluncurkan oleh tiga developer berbeda dengan sistem kerja yang serupa. Setelah diinstall dalam smartphone, aplikasi ini akan membuka akses pintu belakang atau backdoor ke perangkat dan melakukan penginstallan lebih banyak aplikasi yang bermuatan malware.

Waspada! Ini 7 Aplikasi Berbahaya Bagi Ponsel, Segera Uninstall, Moms
source: https://www.pcworld.com/

Sebagai contoh adalah aplikasi GitHub, di mana Wandera telah memberi informasi mengenai GitHub tentang APK adware yang dihosting di repositori, seperti dilansir dari CNBCIndonesiaWandera pun mengungkap bahwa tujuh aplikasi yang dimaksud saat ini telah didownload lebih dari 11.000 kali dari Play Store. Salah satu bahaya yang harus diantisipasi adalah penipuan iklan hingga beragam ancaman yang lebih berbahaya.

Ancaman Serius Mengintai dari Aplikasi Jahat di Smartphone

Sebagaimana dipaparkan oleh Wandera, aplikasi dropper ini mempunyai URL GitHub yang tersembunyi. Itulah yang membuat aplikasi-aplikasi seperti ini lolos dan terhindari dari pemeriksaan keamanan pemasaran aplikasi. Mereka juga menunggu beberapa saat setelah resmi diluncurkan sebelum akhirnya mengirim permintaan ke GitHub sebagai upaya ntuk menghindari deteksi lebih lanjut. Setelah lolos, server dari aplikasi tersebut akan mengkomunikasikan data konfigurasi kepada aplikasi dropper serta URL kepa lokasi APK adware.

Waspada! Ini 7 Aplikasi Berbahaya Bagi Ponsel, Segera Uninstall, Moms
source: https://en.secnews.gr/

Setelah itu, pada umumnya Adware akan yang terinstall dengan menunggu sekitar 10 menit hingga akhirnya aplikasi tersebut akan berhasil menjalankan fungsinya yang membahayakan. Adware dalam hal ini dapat menampilkan iklan video layar penuh yang sangat mengganggu dan lama tanpa adanya interaksi dari pengguna.

baca juga

Kerugian mendasar yang akan diterima para pengguna ponsel antara lain adalah pemborosan baterai dan asupan data seluler yang berlebihan. Lebih buruk dari itu, aktor jahat yang berada di balik tujuh aplikasi ini dapat mengganti APK adware dengan beragam jenis malware lainnya dan memberikan serangan dan ancaman yang lebih serius.

Waspada! Ini 7 Aplikasi Berbahaya Bagi Ponsel, Segera Uninstall, Moms
source: https://www.gadgetsnow.com/

Daftar 7 Aplikasi Jahat yang Harus Diwaspadai

Sebenarnya, tujuh aplikasi ini sudah terhapus dari Google Play Store. Akan tetapi, jika masih terinstall di ponsel, aplikasi ini dapat menimbulkan masalah serius. Jadi, pastikan untuk segera menghapusnya jika masih ada di ponselmu, Moms. Berikut ini adalah daftar 7 aplikasi yang harus diantisipasi:

Nama Developer: PumpApp
Nama Aplikasi:

  1. Magnifying Glass
  2. Super Bright LED Flashlight
Nama Developer: LizotMitis

Nama Aplikasi:
  1. Magnifier, Magnifying Glass with Flashlight
  2. Super-bright Flashlight
Nama Developer: iSoft LLC

Nama Aplikasi:
  1. Alarm Clock
  2. Calculator
  3. Free Magnifying Glass

Jadi, pastikan untuk selalu waspada sebelum mengunduh dan menginstall sebuah aplikasi. Ingat, memahami standar keamanan penggunaan ponsel pintar adalah hal yang utama untuk mencegah kejahatan cyber.