Dilansir dari Haibunda, menurut Nurfitriavi Nuriman yang akrab disapa Fitri, sebenarnya sangat terlihat apakah suami itu pelit atau berhemat dalam keuangan keluarga. Menurutnya, jika suami pelit terlihat seperti sangat perhitungan dalam mengeluarkan uang untuk hal-hal yang menurutnya bukan kebutuhan melainkan keinginan. Padahal, keinginan anak atau istri mungkin saja bisa merupakan bagian dari hiburan. 

Moms, Kenali Perbedaan Suami Hemat dan Pelit Yuk!
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcQYmxAN_Tz67EmAH2VM3NdghAkxsS0chBODwS98C-CujGDizgeI

"Jadi dia ngekepin uangnya mulu. Ngelesnya dia hemat. Kalau hemat kan artinya dia milih yang mau dibeli sesuai kebutuhan atau prioritas. Bagus kan kalau hemat," jelas Fitri.

Menurutnya, bedanya suami pelit dan hemat bisa dilihat dari sikapnya ketika anak-anak minta dibelikan sesuatu, misalnya mainan. Jika suami pelit, maka dia tidak akan mau membelikan anak mainan yang diinginkan, padahal sedang ada uang berlebih. Namun berbeda dengan suami hemat, Ia akan membelikan mainan tersebut namun dengan syarat, misalnya anak akan dibelikan mainan jika sudah selesai menghafal satu surat dalam Al-Qur’an atau syarat lainnya.

Moms, Kenali Perbedaan Suami Hemat dan Pelit Yuk!
source: https://creditsonly.com/wp-content/uploads/2016/11/relatives.jpg
baca juga

"Kan kelihatan ayahnya mampu atau punya kemampuan untuk membeli. Tapi enggak memberi apa-apa ke anaknya. Liburan pun enggak karena alasan harus hemat. Padahal, liburan kan perlu juga untuk family time, bonding time, tetaplah dianggarkan," tambah Fitri.

Perbedaan lain antara pelit dan hemat yaitu, jika hemat suami akan mengeluarkan uang sesuai dengan anggaran dan kemampuan. Jika suami pelit, Ia memiliki uang berlebih namun tidak mau mengeluarkannya banya, bahkan untuk kebutuhan yang penting. Dengan begitu, suami tidak juga menikmati hidup dengan uang yang Ia hasilkan.

Moms, Kenali Perbedaan Suami Hemat dan Pelit Yuk!
source: https://www.cashfloat.co.uk/wp-content/uploads/2015/10/Family-Saving-Money-Together.jpg

"Bahkan dia enggak mau berbagi dan sedekah, pengen pegang uang yang banyak. Kalau hemat jelas definisinya, yang wajib dia keluarkan misal untuk keperluan rumah tangga, zakat, dia keluarin. Tapi kalau dia pelit pada diri sendiri, istri, keluarga bahkan sama Tuhan, itu bener-bener pelit kelewatan. Jadi beda banget definisi hemat dan pelit," ungkap Fitri.