Tak dipungkiri, kalau salah satu bagian struggle yang dialami beberapa ibu hamil adalah soal makanan dan minuman yang dikonsumsi saat hamil. Ya, tidak sedikit bumil yang hanya ingin mengonsumsi makanan tertentu yang jauh dari kategori sehat dan bernutrisi tinggi. Padahal, selama hamil ia wajib makan dan minum asupan yang sehat, mengingat ada bayi yang sedang tumbuh dalam rahimnya. 

Sayangnya, tak semua bumil sukses menjaga pola makan sehat ini, dan sering sekali tergoda melahap asupan nirnutrisi, salah satunya mie instan. Salah satu alasannya karena bumil mengidam. Lantas, apakah bumil benar-benar dilarang mengonsumsi mie instan? Sebagai pertimbangan, yuk simak risiko kesehatan yang mungkin bisa disebabkan kandungan mie instan di sini. 
 

source: http://www.momjunction.com


 

baca juga

1. Kandungan Sodium Mie Instan Bisa Bahayakan Kesehatan

Bukan rahasia lagi kalau mie instan rasanya enak karena mengandung sodium yang tinggi terutama pada bumbu kaldunya. Meski sodium bermanfaat untuk membantu keseimbangan cairan tubuh dan fungsi saraf, tapi kalau dikonsumsi secara berlebihan juga bisa menimbulkan bahaya kesehatan. 

Selama hamil, ibu disarankan menjaga asupan garam. Jika sering mengonsumsi garam seperti yang terdapat pada mie instan, maka bisa saja berisiko terkena darah tinggi, atau memperparah riwayat darah tinggi yang sedang dialaminya. Kamu tahu kan, Moms, penyakit darah tinggi atau hipertetensi selama hamil bisa menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius dan membahayakan bayi dalam rahim. 
 

source: http://www.rosannadavisonnutrition.com


 

2. Tubuh Kekurangan Nutrisi selama Hamil

Apa jadinya Moms kalau kamu lebih banyak mengonsumsi mie instan dibanding dengan asupan bernutrisi yang disarankan selama hamil? Mie instan sangat minim dengan nutrisi seperti protein, vitamin, mineral, dan serat. Karena itu kamu sama sekali nggak disarankan makan mie instan tanpa ditemani sayur-sayuran dan sumber protein yang lain. Mie instan juga lama dicerna oleh tubuh, akibatnya berdampak pada penyerapan nutrisi. Karena mie kurang bernutrisi, jadi tubuh pun jadi kekurangan nutrisi. Kekurangan nutrisi dari ibu tentu saja akan berdampak pada kesehatan bayi di dalam rahim. 
 

source: http://www.momjunction.com


Sebenarnya tidak ada larangan tegas untuk tidak mengonsumsi mi instan selama hamil, Moms. Semua ini bergantung pada dirimu sendiri, apakah ingin memberikan yang terbaik untuk calon bayimu dengan mengonsumsi makanan bergizi atau tidak. Kalaupun kamu tergoda ataupun terpaksa makan mi instan saat hamil, jangan melahapnya terlalu sering dan sertai dengan makanan bernutrisi lainnya ya.

Semoga informasi terkait hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ibu hamil terkait dengan konsumsi mi instan ini bisa membantumu, Moms!