Dilansir dari Healthline, Eileen Kennedy-Moore, PhD, seorang psikolog dari New Jersey, mengatakan bahwa tidak ada patokan pasti yang menentukan kesiapan seorang anak untuk mengasuh dan menjaga anak lain yang lebih kecil. Hal ini sangat tergantung pada kedewasaan anak dan kehadiran dari pengawasan orang dewasa itu sendiri.

Kapan Seorang Kakak Bisa Dipercaya Mengasuh Adiknya?
source: http://wth.org/

Para orangtua perlu mempertimbangkan dinamika antara anggota keluarga saat akan mempertimbangkan apakah anak yang lebih besar dapat dipercaya untuk bertanggung jawab mengurus dan merawat saudara kandung atau anggota keluarga lainnya. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk meninggalkan anak berusia di bawah 12 tahun sendirian di rumah jika ia dan saudara-saudaranya yang lebih kecil tidak rukun.

Kapan Seorang Kakak Bisa Dipercaya Mengasuh Adiknya?
source: https://www.tumblr.com/
baca juga

Akan tetapi, batasan usia 12 tahun biasanya menjadi standar di mana anak-anak beranjak menjadi remaja. Pada masa itu sebenarnya sudah muncul rasa tanggung jawab dan keinginan untuk melindungi dan menjaga anak-anak yang lebih kecil. Namun, sebelum meninggalkannya untuk mengurus anak yang lebih kecil, di usia inilah anak-anak ini seharusnya mulai dipercaya untuk bisa ditinggal sendiri di rumah dan mengurus dirinya sendiri.

Kapan Seorang Kakak Bisa Dipercaya Mengasuh Adiknya?
source: https://www.gachildrens.org/

Dengan melihat kemandirian anak saat mengurus dirinya sendiri di rumah, Mommy akan mampu memperkirakan bagaimana kiranya si kecil saat ditinggal bersama dengan adiknya di rumah. Tentu dengan melihat perilaku dan sikapnya dengan sang adik. Kakak yang tampak penyayang dan peduli tentu akan lebih bisa diberikan kepercayaan dibandingkan dengan kakak yang cuek dan cenderung tidak peduli dengan adiknya. Meskipun begitu, ini tidak selalu benar secara absolut. 

Kapan Seorang Kakak Bisa Dipercaya Mengasuh Adiknya?
source: http://lebanonkidsguide.com/
baca juga

Secara umum, memang sulit memastikan kapan sebenarnya anak dapat benar-benar diberikan kepercayaan penuh untuk menjaga rumah dan adiknya. Namun, Mommy sebenarnya dapat mengetahuinya dengan mengamati gerak-geriknya selama ini. Rasa tanggung jawab dan kemandirian yang perlahan tumbuh dapat menjadi indikasi bahwa sang kakak sudah sanggup belajar menjalani tugas yang lebih besar.