Kita semua tahu bahwa buah memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin dan mineralnya yang baik untuk tubuh memang tidak boleh disepelekan, khususnya oleh para ibu hamil. Namun, dilansir dari Popmama, ternyata ada beberapa jenis buah yang harus diwaspadai asupannya selama masa kehamilan. Berikut ini adalah daftarnya:

1. Pepaya

Buah yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk Mommy. Ya, buah manis berwarna orange kemerahan ini memang banyak disukai oleh orang Indonesia. Bagaimana tidak, selain rasanya enak, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk melancarkan proses pencernaan, khususnya masalah terkait buang air besar atau BAB. Namun, Moms harus waspada dengan bahaya pepaya yang dapat berisiko bagi ibu hamil. Pasalnya, pepaya ternyata memiliki kandungan getah yang dapat  memicu terjadinya kontraksi uterus. Tentu ini sangat berisiko karena dapat menyebabkan persalinan dini atau kelahiran prematur. 

Hati-hati! 3 Buah Ini Ternyata Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil
source: https://parenting.firstcry.com/
baca juga

2. Anggur

Selanjutnya, buah yang juga diketahui berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil adalah anggur. Selain manis dan menyegarkan, buah ini juga sangat praktis untuk dijadikan pilihan camilan yang sehat.  Sayangnya, buah anggur ternyata sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Pasalnya, buah yang kaya vitamin dan mineral ini juga memiliki kandungan panas yang berbahaya yang dapat berdampak kurang baik, apalagi jika dikonsumsi berlebihan pada periode akhir kehamilan.

Hati-hati! 3 Buah Ini Ternyata Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil
source: https://parenting.firstcry.com/

3. Nanas

Terakhir, tentu Mommy sudah tidak asing lagi dengan buah yang dikenal dapat menyebabkan keguguran ini. Ya, buah Nanas yang memiliki rasa manis asam menyegarkan ini memang sangat cocok untuk dijadikan campuran potongan buah rujak. Tentu sangat enak untik dikonsumsi saat sedang ngidam. Akan tetapi, seperti buah pepaya dan anggur, buah nanas jg kurang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan. Pasalnya nanas mengandung bromelain yang dapat menyebabkan proses pelunakan serviks yang dapat menyebabkan menginduksi persalinan dini pada ibu hamil. Tidak hanya itu, mengonsumsi buah Nanas dalam jumlah yang berlebihan juga berisiko menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut serta mengakibatkan diare dan memicu dehidrasi. 

Hati-hati! 3 Buah Ini Ternyata Tidak Boleh Dikonsumsi Selama Hamil
source: https://indianexpress.com/


Itulah tiga buah yang dianjurkan untuk Mommy hindari selama masa kehamilan. Namun, jika Mommy sangat menginginkannya, sebagian dokter cenderung tidak melarang selama asupannya masih dalam batas wajar.