1. Memperhatikan urutan makan

Dilansir dari DetikFood, etika makan pertama yang harus dipatuhi ketika menyantap hidangan di Korea adalah memperhatikan urutan. Etika makan ini dilakukan ketika makan bersama rekan kantor, teman dan keluarga. Ketika sedang makan bersama rekan kantor di restoran luar, saat santai ataupun saat acara, ada aturan yang harus dipatuhi. Rekan kantor yang lebih muda atau lebih rendah jabatan menduduki kursi yang lebih dekat dengan pintu.

Selain itu, etika makan di Korea mengharuskan orang tua untuk duduk terlebih dahulu baru kemudian disusul orang yang lebih muda. Etika makan ini merujuk pada peringkat sosial dan peringkat dalam lingkungan profesional.

1. Memperhatikan urutan makan
source: http://www.indofankor.blogspot.com

2. Mengatur kecepatan makan

Mencocokan kecepatan makan dengan orang sekitar juga merupakan etika makan yang penting di Korea. Orang-orang akan makan dengan kecepatan yang sama dengan rekannya. Bila makanan Moms sudah akan selesai, namun rekan-rekan belum terlihat menghabiskan makanannya, maka Moms perlu memperlambat kecepatan makan.

Mengatur kecepatan makan ini memiliki arti dibaliknya. Bila makan terlalu cepat, orang akan mengira Moms sedang terburu-buru dan ingin cepat-cepat keluar dari resto atau tempat tersebut. Sedangkan bila makan terlalu lambat, orang akan berpikir Moms tidak menyukai atau menikmati makanan tersebut dan terkesan ingin menghindari makanan tersebut. Menghabiskan makan dalam waktu yang sama adalah etika makan yang benar di Korea

2. Mengatur kecepatan makan
source: http://www.abcnews.go.com
baca juga

3. Tidak mengangkat piring

Makan dengan cara mengangkat piring ternyata bukan etika makan yang baik di Korea. Orang Korea selalu menyantap hidangan mereka dengan menempatkan piring atau mangkuk di atas meja dan mulai menyantapnya dengan sendok maupun sumpit. Mengangkat piring atau mangkuk untuk menyantapnya tidak terlihat bagus sama sekali. Hal ini memberikan kesan yang tidak sopan saat makan.

3. Tidak mengangkat piring
source: http://www.shutterstock.com

4. Etika saat minum

Etika saat minum di Korea berlaku ketika sedang makan bersama orang yang lebih tua. Saat makan bersama, usahakan gelas orang yang lebih tua selalu terisi. Menuangkan minuman kepada orang yang lebih tua dilakukan sebagai bentuk hormat. Bila gelasnya sudah terisi penuh, barulah isi gelas milik sendiri.

Begitu pula, ketika ditawarkan minuman oleh orang yang lebih tua. Sebaiknya menerima tawaran tersebut dengan ramah dan menikmati minuman tersebut. Etika menuangkan dan menerima minuman juga penting. Pegang botol minuman dengan kedua tangan lalu tuangkan ke gelas, agar minuman tidak tumpah. Begitu pula ketika menerima minuman, usahakan pegang gelas dengan kedua tangan agar gelas tidak jatuh.

4. Etika saat minum
source: http://www.inikpop.com
baca juga

5. Etika makan dengan sumpit

Sumpit yang digunakan untuk makan diletakkan di atas atau samping mangkuk nasi. Sumpit di Korea memang tidak dibungkus kertas, namun sumpit ditempatkan pada alat kecil dari keramik atau kaca yang digunakan menaruh sumpit. Hal ini bertujuan agar sumpit tidak bersentuhan langsung dengan meja.

Setelah makan pun, usahakan meletakkan peralatan makan seperti sumpit, sendok dan garpu yang sudah digunakan di atas meja. Juga pastikan piring dan mangkuk sudah kosong atau tidak ada sisa. Hal ini sebagai tanda, bahwa sudah selesai makan. Untuk serbet yang digunakan, Moms bisa melipat serbet tersebut dan meletakkannya di atas meja. Hal ini menjadi penanda bagi tuan rumah bahwa Moms menikmati makanan yang disajikan.

5. Etika makan dengan sumpit
source: http://www.sbs.com

Nah, itu dia etika makan yang harus diperhatikan saat menyantap hidangan di Korea. Semoga bisa diterapkan ya, Moms!