1. Sisihkan Uang Pecahan Rp20.000

Jadi Jutawan Dalam Setahun? Ini 3 Trik Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga!

Menabung ratusan ribu rupiah per hari atau per minggu akan sangat terasa berat apalagi Moms masih memiliki anak kecil yang suka jajan. Untuk mensiasatinya, Moms bisa menyisihkan setiap uang pecahan Rp20.000 yang Moms dapatkan dari kembalian jajan si kecil atau sisa uang belanja kemudian dimasukkan ke dalam celengan atau amplop. Meskipun terlihat kuno, namun cara ini sangat efektif untuk membangun kebiasaan menabung. Saat sudah terbiasa, Moms akan langsung spontan menabung jika mendapatkan uang pecahan Rp20.000. Asyik kan?

2. Sisihkan Jumlah Uang Sesuai Tanggal

Jadi Jutawan Dalam Setahun? Ini 3 Trik Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga!

Jika Moms tipe penabung rutin, menggunakan cara yang satu ini akan sangat menyenangkan. Pasalnya, Moms hanya harus menabung sesuai dengan tanggal per hari-nya. Contohnya, jika hari ini tanggal 1, berarti Moms cukup menyisihkan uang sebesar Rp 1000 saja. Jika hari ini tanggal 13, berarti Moms harus menyisihkan uang sebesar Rp 13.000 dan begitu seterusnya. Cara menabung ini sangat efektif karena Moms tidak perlu pusing membagi uang bulanan menjadi beberapa pos. Moms bisa membukanya setahun kemudian dan coba deh hitung hasilnya. Bisa juga diajarkan pada si kecil, lho!

baca juga

3. Teknik Menabung 52 Angka Untuk 52 Minggu

Merasa dua teknik menabung di atas kurang menantang? Teknik menabung yang satu ini bisa Moms coba, nih! Teknik yang dibagikan oleh akun instagram @gatherich ini bisa dibilang antimainstream, Moms. Pasalnya, dengan teknik menabung ini Moms dituntut untuk bisa menabung dalam jumlah tertentu tiap minggunya. Besaran tiap minggunya pun berbeda-beda mulai dari puluhan ribu hingga ratusan. Apabila Moms sanggup menyelesaikan misi secara konsisten, hasil tabungannya akan mencapai 10 juta! Adapun teknik menabungnya sebagai berikut.

Jadi Jutawan Dalam Setahun? Ini 3 Trik Menabung Untuk Ibu Rumah Tangga!

Pada gambar di atas, terdapat 52 angka yang melambangkan 52 minggu (1 tahun). Moms bisa memilih 1 angka setiap minggunya lalu coret angka tersebut sebagai penanda bahwa Moms sudah memilihnya. Sisihkan uang sesuai jumlah angka yang dicoret dan lanjutkan hingga angka tercoret semua. Selain efektif, cara ini juga sangat menyenangkan karena bagaikan sebuah misi tahunan yang perlu Moms selesaikan.

Nah itulah beberapa trik menabung yang mudah bagi Ibu Rumah Tangga. Sesuaikan dengan kemampuan dan usahakan untuk selalu menyisihkan uang sekecil apapun untuk tabungan. Selamat mencoba, Moms!