1. Paprika Merah

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Paprika merah memiliki kandungan antioksidan yang tinggi di mana hal tersebut dapat menghalau segala masalah kulit termasuk penuaan. Jenis antioksidan yang terkandung dalam paprika merah adalah karoten. Karoten ini merupakan pigment tumbuhan yang bertanggung jawab dalam memberikan warna merah, kuning hingga jingga pada beragam sayur maupun buah. Fungsinya sebagai anti inflamasi, melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, polusi dan racun dari lingkungan. Selain antioksidan, paprika merah juga sangat tinggi kandungan vitamin C yang sangat baik utnuk meningkatkan produksi kolagen.

2. Pepaya

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Pepaya merupakan salah satu buah yang sangat digemari oleh pelaku diet. Pasalnya, kandungan seratnya yang tinggi dapat memberikan efek kenyang lebih lama juga melancarkan saluran pencernaan. Bukan hanya untuk diet, tenyata pepaya juga sangat baik untuk menunda penuaan. Pepaya mengandung ragam nutrisi yang penting seperti antioksidan, vitamin juga mineral yang berfungsi untuk meningkatkan elastisitas kulit yang bisa mengurangi penampakan garis halus juga keriput.

baca juga

3. Selada Air

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Selada air cukup populer di Indonesia sebagai lalapan. Meskipun terlihat sepele, ternyata selada air merupakan sayuran hijau yang kaya akan nutrisi seperti kalsium, potasium, mangan, fosfor serta vitamin A, C, K, B1 dan B2 yang baik, lho. Selada air berperan sebagai antiseptik pada kulit dan dapat meningkatkan sirkulasi serta pembagian mineral pada seluruh sel tubuh. Hasilnya, sel-sel kulit akan tersuplai oksigen dengan baik yang membuat kulit menjadi lebih segar dan bercahaya. Antioksidan pada selada air juga dapat menetralkan radikal bebas dan membantu menyamarkan garis halus serta kerutan pada kulit.

4. Brokoli

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Brokoli dikenal sebagai anti inflamasi dan anti penuaan karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Kandungan nutrisi tersebut seperti vitamin C dan K, antioksidan, serat, folat, lutein, dan kalsium. Vitamin C yang terkandung pada brokoli dangat baik untuk produksi kolagen secara alami. Tak hanya itu, zat lutein yang terkandung juga sangat baik untuk memperkuat ingatan pada otak.

baca juga

5. Blueberry

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Menjadi salah satu superfood karena kandungan antioksidan jenis antosianin yang tinggi membuat blueberry tak bisa diabaikan begitu saja terutama untuk masalah penuaan. Antosianin memiliki kemampuan yang sangat baik untuk mencegah penuaan karena dapat membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari, stres, polusi serta mencegah hilangnya kolagen dalam tubuh. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi juga sangat baik untuk mempertahankan sistem kekebalan tubuh.

6. Kacang-kacangan

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Telah kita ketahui bahwa kacang-kacangan (terutama almond) merupakan sumber vitamin E, di mana vitamin E sangat berperan dalam menjaga kesehatan kulit seperti melembabkan kulit, memperbaiki tekstur kulit dan melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Tak hanya itu, mengkonsumsi kacang juga sangat baik untuk mencegah penyakit jantung. Namun usahakan untuk mengkonsumsi kacang yang disangrai atau dipanggang sehingga lebih sehat daripada kacang yang telah melalui proses penggorengan.

7. Bayam

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Selain selada air, bayam juga menjadi salah satu sayuran daun hijau yang sangat baik untuk mencegah penuaan. Bayam kaya akan kandungan air juga antioksidan yang dapat membantu meningkatkan suplai oksigen pada seluruh tubuh. Kandungan nutrisi dari bayam terdiri dari magnesium, zat besi, lutein juga vitamin A, C, E dan K. Vitamin C pada bayam dapat membantu produksi kolagen. Tak hanya itu, vitamin A juga membantu memperkuat rambut dan menjadikannya lebih berkilau.

8. Ubi Jalar

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Ubi jalar merupakan karbohidrat kompleks yang sangat baik untuk program penurunan berat badan. Jenis karbohidrat kompleks inilah yang membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi kebiasaan mengemil yang berlebihan. Ternyata, ubi jalar mengandung antioksidan yang bernama betakaroten di mana dapat diubah menjadi vitamin A. Tak hanya baik untuk kesehatan mata, vitaminn A juga dapat menjaga elastisitas kulit, melembutkan kulit dan membuatnya terlihat lebih muda.

9. Alpukat

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Alpukat sering kali dihindari dengan alasan kandungan lemaknya yang tinggi. Padahal, lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan jenis lemak sehat yang justru dapat memangkas lemak jahat terutama pada bagian perut. Tak hanya itu, ektrak alpukat sering ditemukan pada beragam produk kecantikan karena khasiatnya yang dapat menghaluskan serta menjaga elastisitas kulit. Hal ini karena alpukat mengandung nutrisi esensial seperti vitamin K, C, E, B dan A juga potasium. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat membantu mengurangi sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih segar dan bercahaya.

10. Delima

Tips Awet Muda, 10 Makanan Anti-Aging Ini Wajib Dikonsumsi Sebelum Usia 40 Tahun

Tak hanya blueberry, buah delima juga disebut-sebut sebagai buah kecantikan karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Kandungan vitamin C dan beragam jenis antioksidan bisa melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi level inflamasi pada sistem. Delima juga mengandung punicalagin yang membantu mengawetkan kolagen pada kulit sehingga proses penuaan akan berlangsung lebih lambat.

Nah itulah 10 jenis makanan anti-aging yang baik untuk tubuh. Selalu ingat bahwa apapun makanan yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Untuk itu, sangat penting adanya untuk selalu memperhatikan apa yang kita makan.