Selama berabad-abad tahun yang lalu, teh herbal memang sudah digunakan oleh masyarakat dari seluruh belahan dunia sebagai obat tidur yang alami. Bahkan, khasiat teh herbal sebagai obat tidur alami telah diperkuat oleh beberapa penelitian modern yang dilakukan. Berikut 3 jenis teh yang dapat memperbaiki kualitas tidur:

1. Teh Chamomile

Bantu Atasi Insomnia, Ini 3 Jenis Teh yang Membuat Tidur Berkualitas

Bunga chamomile dipercaya dapat menenangkan tubuh dan pikiran. Tak heran, selama beberapa tahun terakhir, teh bunga chamomile ini sangat populer dijadikan racikan alami untuk mengurangi inflamasi, kecemasan dan memperbaiki kualitas tidur. Efek penenang yang didapatkan dari teh bunga chamomile berasal dari kandungan antioksidan yang bernama apigenin. Secara spesifik, apigenin ini berfungsi sebagai reseptor pada otak yang bisa menurunkan kecemasan dan memberikan efek mengantuk. Tak hanya untuk memperbaiki kualitas tidur, teh bunga chamomile juga sangat baik untuk kesehatan kulit.

2. Teh Lavender

Jika diperhatikan, ada banyak jenis produk kosmetik yang menambahkan ekstrak lavender ke dalamnya. Kebanyakan jenis produk tersebut ditujukan untuk menenangkan kulit yang bermasalah. Tak hanya untuk kulit, aroma dari bunga lavender juga memberikan efek tenang pada otak sehingga sangat cocok untuk dijadikan pengharum ruangan.

Bantu Atasi Insomnia, Ini 3 Jenis Teh yang Membuat Tidur Berkualitas

Bukan sebatas penggunaan luar, banyak orang di luar sana yang menjadikan lavender sebagai teh herbal yang bertujuan untuk menenangkan juga memperbaiki masalah tidur. Sebuah penelitian di Taiwan mengungkapkan bahwa aroma teh lavender dapat mengurangi kelelahan pada 80 orang wanita pasca melahirkan. Penelitian lain menyebutkan, 67 wanita yang mengalami insomnia berangsur membaik setelah meminum teh lavender sebanyak 2 kali seminggu dalam 12 minggu.

baca juga

3. Teh Valerian

Akar valerian merupakan salah satu herbal yang telah digunakan selama berabad-abad tahun lamanya untuk mengatasi masalah insomnia, gugup hingga sakit kepala. Secara sejarah, teh ini digunakan oleh tentara Inggris selama Perang Dunia II untuk meredakan stres dan kecemasan selama perang. HIngga akhirnya, teh valerian menjadi sangat populer untuk mengatasi masalah tidur di Eropa dan Amerika.

Bantu Atasi Insomnia, Ini 3 Jenis Teh yang Membuat Tidur Berkualitas

Cara kerja dari teh valerian adalah dengan meningkatkan level asam gamma-aminobutirat (GABA) yang merupakan neotransmiter dan hormon otak yang menghambat reaksi-reaksi neurologis tidak menguntungkan. Saat level GABA meningkat, efek mengantuk akan muncul sehingga dapat memperbaiki masalah tidur. Tak hanya dalam bentuk teh, akar valerian juga banyak ditemukan dalam suplemen kesehatan.

Nah, itulah 3 jenis teh yang bisa bantu perbaiki kualitas tidur. Membiasakan meminum teh di sore hari juga sangat baik untuk kesehatan tubuh hingga kulit. Selamat mencoba, Moms!