Beberapa akhir ini, sebagian selebriti juga influencer di Indonesia menyuarakan betapa pentingnya untuk mengutamakan kesehatan mental. Kesehatan mental ini tak selalu langsung mengacu pada gangguan jiwa berat, namun kesehatan mental lebih mengacu pada seberapa damainya seseorang menjalani hidup hingga bisa mencintai dirinya sendiri.

Jika kesehatan mental diabaikan, seseorang cenderung lebih mudah stres, frustasi juga depresi. Pemicunya bisa berasal dari lingkungan sekitar, lho. Yuk ketahui tanda-tanda toxic people di sekitar kita, kalau Moms menemukan orang dengan sifat berikut, buru-buru deh putar haluan dan menjauh secara perlahan. Berikut tandanya, Moms:

1. Suka Menghasut

Mengganggu Kesehatan Mental, Kenali 5 Ciri Toxic People yang Harus Dijauhi

Dalam sebuah pertemanan atau lingkungan bertetangga, tentunya akan selalu ada jenis orang yang seperti ini. Ucapannya yang penuh dengan rayuan dan keyakinan akan sangat mudah membuat orang lain mengikuti kata-katanya. Menghasut untuk sesuatu yang baik sih enggak masalah, namun jika menghasut dan menjerumuskan kita ke hal negatif, sudah bisa dipastikan kalau orang tersebut termasuk golongan toxic people, Moms.

2. Tidak Berempati atau Bersimpati

Mengganggu Kesehatan Mental, Kenali 5 Ciri Toxic People yang Harus Dijauhi

Ini juga merupakan salah satu toxic people yang paling mudah ditemukan. Orang yang memiliki sifat toxic people cenderung tidak bisa mengerti dan memahami kondisi orang lain. Misalnya, Moms menceritakan kesedihan dan meminta solusi, toxic people tersebut bukannya memberikan saran dan lebih bersimpati, malah sibuk untuk menghakimi dan menyalahkan Moms. Lebih parah lagi, saat orang tersebut malah asyik membandingkan hidup Moms dengan hidupnya.

baca juga

3. Tidak Mau Kalah

Mengganggu Kesehatan Mental, Kenali 5 Ciri Toxic People yang Harus Dijauhi

Selain penghasut dan bukan pendengar yang baik, toxic pople juga memiliki ciri yang tidak mau kalah dari orang lain. Mulai dari tidak mau kalah saat berbeda pendapat, penampilan hingga hal paling kecil adalah tidak mau kalah dalam antrian. Hal ini dikarenakan, toxic people selalu ingin mendominasi dan menjadi pusat perhatian dalam segala acara.

4. Cenderung Mudah Merendahkan dan Meremehkan Orang Lain

Mengganggu Kesehatan Mental, Kenali 5 Ciri Toxic People yang Harus Dijauhi

Toxic people paling tidak suka melihat orang lain sukses atau berhasil bahkan tidak ingin orang lain terlihat lebih baik dibandingkan dia. Tak heran, toxic people akan selalu menjadi garda terdepan untuk menyangkal dan membuat Moms kesal. Alih-alih memberikan ucapan selamat, toxic people akan sibuk membanding-bandingkan keberhasilan Moms dengan orang lain dari sisi negatif. Jika terus dibiarkan, lambat laun hal tersebut dapat membuat Moms kurang percaya diri bahkan down.

baca juga

5. Enggan Mengakui Kesalahan

Mengganggu Kesehatan Mental, Kenali 5 Ciri Toxic People yang Harus Dijauhi

Manusia sangat tidak bisa luput dari kesalahan. Mulai dari kesalahan bersikap, berucap hingga hal lain yang bisa menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain. Bagi toxic people, meminta maaf dan mengakui kesalahan kepada orang yang telah disakitinya merupakan sebuah kemustahilan. Padahal, meminta maaf dan mengakui kesalahan pada orang lain merupakan hal mulia yang tidak akan membuat seseorang terlihat jatuh maupun rendah. Alih-alih meminta maaf, toxic people cenderung akan play victim sehingga akan membuat dia terlihat benar dan tidak bersalah.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda toxic people yang mudah ditemukan dalam beragam jenis pertemanan. Jika Moms merasakan ciri-ciri tersebut pada salah satu teman, Moms. Ada baiknya untuk tidak terlalu dekat atau sering berkomunikasi. Konon, energi negatif akan sangat mudah tertular pada orang lain. Yuk utamakan kesehatan mental!