Dilansir Detik, orang-orang yang menyantap makanan sisa ini beralasan tidak memiliki cukup uang meski hanya untuk membeli makanan. Makanan sisa tersebut mereka dapatkan dari berbagai tempat. Mulai dari restoran, kantin hingga tempat sampah yang menjijikkan.

Kisah mereka viral dan berhasil mencuri perhatian netizen, sehingga mereka berniat untuk membantu mereka. Namun ada satu orang yang alih-alih mendapat bantuan, dia justru mendapatkan kritikan.

Makan Sisa Makanan Pengunjung

Kisah pertama datang dari seorang netizen bernama Nguyen The Duy. Melalui akun facebooknya menceritakan seorang bocah di Saigon, Vietnam yang ia temui saat berada di salah satu tempat makan. Bocah tersebut nampak memakan sisa-sisa makanan dari pengunjung di tempat makan tersebut.

Menyedihkannya lagi, ternyata bocah tersebut seorang anak jalanan yang sehari-harinya tinggal tak menentu di jalan. Dalam foto tersebut bocah berbaju kuning itu juga mengumpulkan makanan sisa dan dimasukkan ke dalam kaleng berwarna merah. Karena hidup di jalanan yang tak menentu, membuat bocah tersebut bertahan hidup dengan memakan makanan sisa.

Makan Sisa Makanan Pengunjung
source: https://food.detik.com/

Bocah itu nampak terburu-buru ketika memakan sisa makanan karena ia harus kembali bekerja sebagai pemain atraksi ekstrem untuk menghibur pengunjung. Atraksi yang dilakukan berupa menyemburkan bensin ke api.

baca juga

Memungut Makanan Sisa Dari Tempat Sampah

Kisah memilukan kedua datang dari dua bocah asal Malaysia yang terpaksa makan dari sisa makanan yang mereka ambil dari tempat sampah sekolah. Mereka adalah putra dari Mardinah Dabe Martin, seorang ibu rumah tangga yang sekaligus orang tua tunggal bagi empat orang anaknya.

Mardina mengaku tak punya cukup uang untuk menghidupi keempat anaknya tersebut. Dan dua dari anak-anaknya terpaksa mengumpulkan makanan dari tempat sampah untuk dapat dimakan. Setelah mendengar kabar ini, sebenarnya Mardinah merasa malu dan sedih. Namun sayangnya, dia tidak bisa melakukan apa-apa, karena memang segalanya serba kekurangan.

Memungut Makanan Sisa Dari Tempat Sampah
source: https://food.detik.com/

Dilansir dari World of Buzz, Organisasi Bukan Pemilik Pemerintah (NGO) di Malaysia berkolaborasi untuk menyumbangkan beberapa kebutuhan, seperti kompor gas, mesin cuci, rak buku, tempat tidur, bantal, selimut, meja, makanan dan barang lainnya.

Mengumpulkan Sisa Makanan Untuk Keluarga

Kisah yang ketiga tidak kalah memilukannya, Moms. Seorang pria di Filipina sengaja mengumpulkan bekas makanan pengunjung dari restoran untuk diberikan kepada keluarganya di rumah. Aksinya tersebut diabadikan oleh salah satu orang hingga menjadi viral di media sosial. Dalam foto tersebut memperlihatkan pria berbaju merah tengah membersihkan makanan yang terdapat bekas makanan pengunjung.

Awalnya orang yang merekam aksinya ini menyangka bahwa pria tersebut seorang pekerja di restoran. Namun, ternyata bukan. Pria tersebut adalah pria asing yang sengaja membersihkan makanan agar bisa mendapatkan sisa makanan bekas pengunjung di restoran tersebut. Banyak pengunjung yang penasaran tentang apa yang ia lakukan dengan makanan bekas.

Mengumpulkan Sisa Makanan Untuk Keluarga
source: https://food.detik.com/

Ketika ditanya, pria ini mengaku makanan sisa yang dia kumpulkan itu akan dibawa pulang untuk diberikan kepada keluarganya yang sedang kelaparan. Semenjak kisahnya viral, banyak netizen yang tergugah hatinya untuk membantu pria tersebut. 

baca juga

Menyantap Makanan Sisa Di Restoran

Kisah yang terakhir datang dari Singapura. Pria ini bernama Lou Yonghui asal Singapura ini viral setelah aksinya menyantap makanan sisa di sebuah restoran. Pria tersebut mengunggah foto semangkuk mie bekas makan orang lain. Ia mengatakan bahwa dirinya baru saja menghabiskan sisa makanan tersebut.

Bukan karena tidak mampu membeli, namun pria ini melakukan hal tersebut hanya karena ingin lebih berhemat dan tetap kenyang tanpa mengeluarkan uang. Postingannya pun viral karena dia mengunggahnya ke akun komunitas sukarelawan yang mengumpulkan makanan dan bahan makanan sisa untuk diolah kembali menjadi produk layak dikonsumsi.

Menyantap Makanan Sisa Di Restoran
source: https://food.detik.com/

Berbagai tanggapan pun bermunculan, namun kebanyakan netizen menganggap bahwa aksi Lou itu sangat menjijikkan dan mengatakan bahwa makanan sisa dari orang lain sangat tidak higienis dan tidak menyehatkan. Lou menanggapi komentar tersebut dengan menyebutkan bahwa aksinya tersebut bentuk dari gerakan Freegan atau diet dompet dan terinspirasi dari Daniel Tay. Waduh, hemat atau pelit ini, Moms.

Setelah membaca kisah-kisah barusan, apa Moms masih mau membuang-buang makanan? Semoga kisah-kisah tadi bisa menjadi pelajaran untuk kita semua agar selalu pandai bersyukur dengan apa yang kita punya.