Saat hamil, Moms harus mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat untuk mendukung tumbuh kembang janin. Mie instan sudah jelas tidak termasuk dalam kategori makanan bergizi dan sehat. Sebab, dilansir dari Haibunda, mie instan tidak mengandung nilai gizi dan hanya memberikan rasa kenyang sesaat setelah dikonsumsi.

Makan Mie Instan Saat Hamil Bahayakan Janin, Benarkah?
source: https://cdn.cdnparenting.com/articles/2018/02/696739555-H.jpg

Salah satu alasan mengapa konsumsi mie instan perlu dihindari saat hamil, yaitu karena mie instan mengandung MSG yang dapat berbahaya bagi janin jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Menurut dr. Hari Nugroho, Sp.OG, dilansir dari Haibunda, MSG sudah dinyatakan aman jika dikonsumsi secara wajar, meskipun beberapa ibu hamil sensitif terhadap kandungan MSG. 

Makan Mie Instan Saat Hamil Bahayakan Janin, Benarkah?
source: http://user-images.strikinglycdn.com/res/hrscywv4p/image/upload/c_limit,fl_lossy,h_9000,w_1200,f_auto,q_auto/1442903/noodles_wzntmn.jpg
baca juga

"Mi instan banyak ditakuti oleh kalangan ibu hamil dan banyak juga orang tidak hamil karena tingginya kandungan MSG. Padahal MSG sendiri dinyatakan aman oleh FDA. Walaupun beberapa orang mengeluh sensitif terhadap MSG seperti merasa pusing atau nyeri kepala sesudah mengonsumsinya," jelas dr. Hari.

Namun, karena mie instan tidak mengandung nilai gizi, maka konsumsi mie instan saat hamil harus dalam batas yang wajar dan diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur dan makanan lainnya yang baik untuk tumbuh kembang janin. Jika ingin sekali-sekali konsumsi mie instan, ada baiknya dicampur dengan telur, ayam, ataupun sayur-sayuran.

Makan Mie Instan Saat Hamil Bahayakan Janin, Benarkah?
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn%3AANd9GcRzEFMwpOzoURhFDlFayZONGw95Gc49Wv_CO7NFWtzwMdS3Kbhy

"Konsumsi dalam batas yang tidak berlebihan dan lama tidak akan mengakibatkan hal-hal yang membahayakan," kata dr. Hari.

Jadi kesimpulannya, konsumsi mie instan saat hamil boleh-boleh saja, asal tidak berlebihan dan diimbangi dengan konsumsi makanan bergizi. Konsumsi air mineral yang cukup juga dapat berpengaruh penting bagi tumbuh kembang janin. Selain dari makanan dan air mineral, gizi untuk janin bisa didapat melalui konsumsi suplemen untuk ibu hamil.