Penyebab Timbulnya Ketombe

Tips Mengatasi Ketombe dengan Lemon, Bagaimana Caranya?

Ternyata, timbulnya ketombe pada kulit kepala ini disebabkan oleh jamur Malassezia. Jamur ini dapat berkembang biak pada kulit kepala dengan menyerap minyak alami kulit kepala dan rambut. Akibatnya, kulit kepala akan ada pada kondisi kering bahkan sangat kering hingga mengelupas. Tak heran, kebanyakan orang yang berketombe memiliki masalah rambut seperti rambut kering, rapuh hingga rontok. Selain jamur, masih ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan timbulnya ketombe, seperti:

  • Kulit kepala yang berminyak, ditandai dengan rambut yang mudah lepek
  • Kulit kepala kering, bisa dikarenakan genetic
  • Masalah kulit serius seperti psoriasis, eczema, dan seborrheic dermatitis
  • Tidak keramas secara berkala

Kini, masalah kulit kepala berketombe bukan lagi masalah sepele yang bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya, ketombe dapat membuat seseorang menjadi kurang percaya diri dan merusak penampilan. Selain memilih shampoo yang tepat, penting juga untuk melakukan perawatan tambahan. Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan lemon.

Kandungan Nutrisi Lemon

Tips Mengatasi Ketombe dengan Lemon, Bagaimana Caranya?

Lemon merupakan jenis buah-buahan yang kaya akan antioksidan, vitamin esensial dan asam sitrat yang terbentuk dari vitamin C. Kombinasi dari beragam vitamin yang terkandung pada lemon lah dianggap sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga menjaga kesehatan rambut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2015, asam sitrat pada lemon terbukti ampuh untuk penyeimbang pH pada kulit kepala. Berikut manfaat lainnya dari lemon:

  • Mengandung vitamin C, asam sitrat, flavonoid dan zat besi yang merupakan nutrisi esensial bagi rambut dan kulit
  • Menyeimbangkan pH kulit kepala
  • Memperkuat folikel rambut
  • Menghilangkan kelebihan minyak pada kulit kepala
  • Kandungan vitamin B pada lemon dapat memperbaiki kondisi kulit kepala yang berketombe
baca juga

Cara Merawat Kulit Kepala Berketombe dengan Lemon

1. Diaplikasikan Langsung

Tips Mengatasi Ketombe dengan Lemon, Bagaimana Caranya?

Beberapa penelitian menyarankan untuk mengaplikasikan jus lemon langsung pada kulit kepala daripada mencampurkannya pada shampoo dan kondisioner. Caranya aplikasikan sebelum keramas selama beberapa menit dan biarkan air lemon meresap hingga kulit kepala. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan menggunakan shampoo.

2. Dicampur dengan Bahan Alami

Tips Mengatasi Ketombe dengan Lemon, Bagaimana Caranya?

Untuk mendapatkan manfaat ekstra, Moms bisa mencampurkan air lemon dengan minyak kelapa dan gula. Campuran dari ketiga bahan alami ini sangat baik untuk mengatasi ketombe sekaligus dapat dijadikan scrub untuk kulit kepala. Lakukan sebelum keramas dengan gerakan yang lembut sehingga tidak akan melukai kulit kepala.

Nah, itulah cara memanfaatkan lemon untuk hilangkan ketombe pada kulit kepala. Asam sitrat yang kuat pada lemon dapat memberikan beberapa reaksi seperti kulit kepala perih, kemerahan, bahkan terbakar. Hentikan jika Moms merasakan reaksi tersebut. Semoga bermanfaat, Moms.