Gusti Arirang

Anak sulung Djaduk Ferianto adalah anak perempuan yang diberikan nama Gusti Arirang. Apa ya Moms kira-kira artinya? “Gusti” dalam bahasa Jawa berarti anak bangsawan. Ditemukan juga dalam bahasa Jawa-Kawi dengan makna penguasa. “Arirang” memiliki makna indah dan penuh kasih. Jika diartikan secara lengkap, nama putri sulung Djaduk bermakna penguasa yang memiliki sifat pengasih.

Gusti aktif sebagai musisi. Dia tergabung dalam grup band bernama Tashoora.

Gusti Arirang
source: https://www.instagram.com/idgarirang/

Karola Ratu Hening

Anak kedua Djaduk Ferianto bernama Karola Ratu Hening. Pada foto ini, Ratu mengenakan kaos berwarna hitam, berkacamata, dengan rambut gelombang sebahu. Nama “Karola” memiliki makna pekerja keras dalam bahasa Jerman. Kemungkinan nama ini juga terinspirasi dari sosok Santa Clara dalam ajaran Katolik. Sedangkan nama “Ratu” bermakna pemimpin perempuan, sementara “Hening” berarti diam atau tenang. Arti nama anak Kalora Ratu Hening secara keseluruhan adalah seorang perempuan yang bekerja keras dalam diam.

Karola Ratu Hening
source: https://www.instagram.com/djaduk/
baca juga

Gallus Presiden Dewagana

Anak ketiga Djaduk diberi nama Gallus Presiden Dewagana. Foto ini ketika Gallus berfoto dengan kakaknya Gusti di Bandung. Gallus merupakan satu-satunya anak lelaki Djaduk Ferianto. Nama “Gallus” merupakan nama baptis yang terinspirasi dari sosok Santo Gallus, salah satu biarawan ternama di Irlandia yang lahir pada pertengahan abad ke-6. Sedangkan “Presiden” punya arti pemimpin negara atau pemimpin rakyat. 

Dan nama  “Dewagana” yang diambil dari bahasa Sansekerta, tersusun atas dua kata yaitu ‘dewa’ dan ‘gana’ yang berari pasukan para dewa. Arti nama Gallus Presiden Dewagana memiliki makna yang sangat gagah berani, yaitu memiliki arti lengkap pemimpin pasukan para dewa.

Gallus Presiden Dewagana
source: https://www.instagram.com/idgarirang/

Kandida Rani Nyaribunyi

Anak keempat Djaduk diberi nama tidak kalah indah dari kakak-kakaknya, yaitu Kandida Rani Nyaribunyi. Nama “Kandida” merupakan nama baptis yang terinspirasi dari kisah hidup Santa Candida. Ia adalah seorang perempuan asal Naples (kini disebut Napoli, nama kota di Italia) yang menderita penyakit menahun. Ia sembuh seketika setelah diberkati oleh Santo Petrus (Rasul Petrus).

Sedangkan nama “Rani” berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna ratu atau pemimpin wanita. Ditutup dengan “Nyaribunyi” yang berarti mencari bebunyian. Secara lengkap, makna namanya adalah seorang perempuan yang mencari bebunyian.

Kandida Rani Nyaribunyi
source: https://www.instagram.com/nyaribunyi/
baca juga

Eugenia Rajane Tetabuhan

Anak terakhir Djaduk diberi nama Eugenia Rajane Tetabuhan. Nama “Eugenia” juga merupakan nama baptis, terinspirasi dari kisah seorang martir asal Aleksandria yang mempertahankan identitasnya sebagai seorang Kristen meski diancam akan dibunuh.

Sementara nama “Rajane” bisa diartikan sebagai rajanya, pemimpin, atau ahlinya. Sementara “Tetabuhan” adalah jenis bunyi-bunyian dari alat musik yang ditabuh. Diartikan secara lengkap, nama gadis yang akrab dipanggil Jane ini adalah ahli menabuh alat musik.

Eugenia Rajane Tetabuhan
source: https://www.instagram.com/djaduk/

Nah itu dia Moms arti kelima anak Djaduk Ferianto. Indah dan penuh makna yang baik, kan. Moms bisa lho meniru nama-nama indah tersebut.